Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kodim 0315/Bintan Beri Pelatihan Bela Negara Peserta SMN Kepri
Oleh : Redaksi
Rabu | 05-09-2018 | 14:28 WIB
smn-kepri1.jpg Honda-Batam
Pelepasan Siswa Mengenal Nusantara Provinsi Kepri. (Foto: Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 24 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Provinsi Kepulauan Riau mendapat pembekalan bela negara dari tim dari Kodim 0315/Bintan di Tanjungpinang, Selasa (4/9/2018).

Dandim 0315/Bintan, Letkol IGB Putu Wijangsa mengatakan Wawasan Nusantara merupakan materi penting dalam pendidikan bela negara.

"Tentunya para siswa pilihan yang lulus seleksi SMN membutuhkan pengetahuan itu sebelum melaksanakan sejumlah kegiatan di Yogyakarta," ujarnya.

Putu mengatakan materi lainnya berhubungan dengan penanaman nilai-nilai Pancasila dalam diri para siswa. Materi ini dibutuhkan agar mereka menjadi generasi muda yang tangguh dan bermanfaat bagi bangsa.

Selain itu, lanjutnya pelatihan peningkatan rasa nasionalisme yang diramu dalam berbagai permainan juga diberikan kepada siswa yang berasal dari kabupaten dan kota di Kepri tersebut.

Peserta SMN juga mendapat pengetahuan muatan lokal, terutama tentang potensi pariwisata di Kepri, yang dapat dipromosikan di NTB, "Semangat para siswa yang mewakili Kepri ke Yogyakarta luar biasa, pengetahuan mereka tentang Kepri juga cukup tinggi," ujarnya.

Putu juga berharap peserta SMN dapat mentransfer ilmu yang diperolwh selama mendapatkan pembekalan maupun saat berada di Yogyakarta kepada teman-temannya.
"Ilmu ini tentunya sangat bermanfaat," ujarnya.

Kegiatan bela negara di Markas Kodim 0315/Bintan diawali dengan penyambutan peserta SMN yang pimpin oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0315 Bintan, Kapten Chb Suriman.

Peserta SMN juga diajak melaksanakan senam sehat, bermain wisata matematika bela negara, penyampaian materi tentang wawasan kebangsaan (bela negara), terakhir out bond di lingkungan kantor Kodim 0315 Bintan.

Sumber: Diskominfo Kepri
Editor: Yudha