Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Tahun Dapat Bantuan, Tanjungpinang Masih Kurang Ratusan RKB
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 04-09-2018 | 10:40 WIB
rkb-tpi.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang Abdul Gani.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui DAK Pendidikan APBN 2017 dan 2018, untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB) secara simultan. Meskipun dua tahun berturut-turut dapat bantuan, ternyata masih mengalami kekurangan RKB.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Huzaifa Dadang Abdul Gani, mengatakan, saat ini seluruh sekolah di Tanjungpinang masih membutuhkan tambahan sekitar 214 RKB untuk memenuhi standar kenyamanan belajar-mengajar di sekolah negeri.

"Dengan bantuan dua tahun kemarin memang masih kurang. Ini sudah mengalami pengurangan, karena adanya bantuan di 2017 dan 2018 itu," terang Dadang, Senin (3/9/2018).

Dari 214 RKB yang dibutuhkan, Dadang mengatakan porsi terbesar dibutuhkan untuk Sekolah Dasar (SD), yang setidaknya membutuhkan 190 RKB agar meningkatkan kualitas kenyamanan belajar bagi siswa. "Sedangkan sisanya untuk kebutuhan SMP," sambung Dadang.

Namun, Dadang mengungkapkan, pembangunan RKB dipastikan masuk dalam daftar belanja pada APBD 2019 mendatang. Hal ini berdasarkan sinkronisasi DAK APBD murni belum lama ini.

Namun, nilai yang dikucurkan, belum dapat dipastikan. Sehingga jumlah RKB yang akan dibangun pada 2019 nanti juga belum diketahui.

Editor: Gokli