Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sukses Asian Games 2018, Indonesia Kandidat Tuan Rumah Olimpiade 2032
Oleh : Redaksi
Minggu | 02-09-2018 | 08:04 WIB
le-jokowi1.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo menerima Ketua IOC Thomas Bach dan Ketua OCA Syekh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Istana Bogor

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang dinilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) sukses. Bahkan dalam perolehan medali Indonesia juga mampu menempati peringkat 4 dari 45 negara yang ikut Asian Games 2018. Kesuksesan itulah yang membuat Indonesia kini percaya diri untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032.

Dengan kesuksesan itu, Indonesia mulai diperhitungkan International Olympic Committee (IOC) dan The Olympic Council of Asia (OCA) mendorong Indonesia ambil bagian menjadi calon tuan rumah Olimpiade 2032.

Sebagai bentuk keseriusannya, Ketua IOC Thomas Bach dan Ketua OCA Syekh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah menyempatkan diri untuk datang ke Indonesia dan menemui Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Sabtu (1/9/18).

"Dengan pengalaman yang kita miliki dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 ini, maka kita, Indonesia, yakin untuk juga bisa dan mampu menjadi tuan rumah untuk perhelatan yang lebih besar," ujar Presiden Jokowi yang didampingi Ketua Inasgoc Erick Thohir.

"Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032," lanjutnya.

Sekretariat Kabinet juga menggugah momen kedatangan ketua Olimpiade tersebut melalui akun media sosialnya.

Lewat akun twitter @setkabgoid, terposting foto Ketua IOC, Thomas Bach dan ketua OCA, Syekh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah dengan caption,

"Presiden @jokowi bertemu Ketua International Olympic Committee Thomas Bach dan Ketua The Olympic Council of Asia Syekh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (1/9/2018) siang".

Kandidat tuan rumah
Sementara itu, Ketua Inasgoc Erick Thohir bersyukur Indonesia akhirnya diterima menjadi salah satu kandidat tuan rumah gelaran olahraga terakbar dunia Olimpiade 2032.

"Alhamdulillah pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden IOC Thomas Bach yang juga dihadiri oleh Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Istana Bogor, berlangsung positif. Indonesia akhirnya diterima sebagai salah satu kandidat tuan rumah Olimpiade 2032," ujar Erick Thohir.

Erick menambahkan, Indonesia merupakan negara pertama yang mengajukan secara resmi dan diterima menjadi kandidat tuan rumah Olimpiade 2032. Menurutnya itu tidak terlepas dari kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Tanah Air.

Penyiapan venue berkelas dunia, penyelenggaraan, sukses prestasi maupun sukses perekenomian menjadi modal utama yang membuat Indonesia dinilai mampu menyelenggarakan Olimpiade 2032.

"Sukses penyelenggaraan tak lepas dari kerja sama semua pihak untuk menyukseskan Asian Games 2018 ini. Pemerintah pusat, pemeritah provinsi, pihak swasta, TNI-Polri, Panitia pelaksana, volunteer, pihak media hingga masyarakat semua berperan menyukseskan Asian Games 2018 ini," jelasnya.

Erick Thohir pun berharap semua elemen tersebut bisa kembali saling bahu membahu menuju Olimpiade 2032.

"Kita memiliki venue yang berkelas dunia, venue kita diakui peserta Asian Games ini maupun federasi internasional. Kita juga memiliki sumber daya manusia yang baik yang dapat menggelar Asian Games 2018." ujar Erick Thohir.

"Semoga semangat di Asian Games 2018 ini dimana semua pihak saling mendukung, bisa mengikat persatuan Indonesia sebagai kekuatan bangsa Indonesia ke depannya," ujar dia.

Dalam perhelatan Asian Games 2018, Indonesia Sejauh ini Indonesia masih nyaman bercokol di posisi keempat klasemen perolehan medali Asian Games 2018 dengan rincian 31 emas, 24 perak, 43 perunggu. Makin menjauhi pengejar terdekat, Iran, yang punya 19 emas.

Sedangkan China, Jepang, dan Korea Selatan secara berurutan masih bertengger di tangga-tangga teratas klasemen perolehan medali Asian Games 2018

Editor: Surya