Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3 Atlet Indonesia Ini Raih Bonus Terbanyak di Asian Games 2018
Oleh : Redaksi
Sabtu | 01-09-2018 | 13:28 WIB
jonathan11.jpg Honda-Batam
Jonatan Christie tampil impresif di gim terakhir dengan mengalahkan Chou Tien. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga akan memberikan bonus besar bagi para peraih medali Asian Games 2018, yang akan berakhir besok, Minggu (2/9/2018).

Kontingen Indonesia kokoh berada di peringkat 4 dengan 30 emas, 23 perak, dan 37 perunggu. Ini merupakan catatan terbaik Indonesia sepanjang ikut Asian Games sejak 1951.

Tak tanggung-tanggung, bonus sebesar Rp1,5 miliar siap diberikan pada peraih medali emas nomor perorangan. Peraih perak akan mendapat Rp 500 juta, dan perunggu Rp 250 juta.

Untuk tim ganda (double) jika mereka mendapatkan medali emas maka masing-masing menerima bonus Rp1 miliar, perak Rp400 juta dan perunggu Rp200 juta. Sedangkan untuk tim beregu jika mendapatkan medali maka akan mendapatkan bonus masing-masing Rp750 juta (emas), Rp300 juta (perak) dan Rp150 (perunggu).

Atas perhitungan bonus terbaru dari Kemenpora itu, atlet paralayang Jafro Megawanto akan menjadi atlet dengan bonus terbesar. Atlet asal Malang, Jawa Timur itu akan mendapatkan bonus sebesar Rp 2,4 miliar. Berikut atlet-atlet Indonesia dengan bonus terbesar di Asian Games 2018.

1. Jafro Megawanto Rp 2,4 miliar (Paralayang, 2 Emas dan 1 Perunggu)
Pertama kalinya dipertandingkan di Asian Games 2018, Paralayang diharapkan menjadi salah satu lumbung emas bagi Indonesia. Indonesia berhasil memenuhi target dua emas itu. Salah satunya berkat pilot putra Jafro Megawanto.

Jafro menyumbang satu emas dari nomor Akurasi Individu Putra dan Akurasi Beregu Putra. Selain itu ia juga menyumbang satu perunggu saat bertanding bersama tim Indonesia lain di nomor Lintas Alam Beregu Putra. Capaian itu membuat Jafro akan mendapat bonus total Rp 2,4 miliar.

2. Aries Susanti Rahayu - Rp 2,25 miliar (Panjat Tebing 2 Emas)
Aries Susanti Rahayu berhasil tampil menawan di cabang olahraga baru Asian Games, panjat tebing. Atlet berusia 23 tahun itu berhasil menjadi yang tercepat di nomor speed individu putri. Selain itu ia juga menjadi bagian dari tim speed relay putri Indonesia saat menaklukkan Cina di final. Total bonus sebesar Rp 2,25 miliar telah menanti Aries.

3. Jonatan Christie Rp 1,8 miliar (Bulu Tangkis, 1 emas dan 1 perak)
Bulu tangkis berhasil memenuhi target dua emas di Asian Games 2018 ini. Meski begitu, salah satu emas muncul dari nomor yang tak terduga, yakni tunggal putra. Sosok Jonatan Christie menjadi penghilang dahaga masyarakat Indonesia akan prestasi tunggal putra Indonesia yang lama meredup.

Di partai final, atlet berusia 20 tahun itu menaklukkan wakil Taiwan Chou Tien Chen, dan memastikan emas pertama bagi Indonesia di bulu tangkis. Sebelum menjadi kampiun di nomor perorangan, Jojo juga ikut andil dalam mengantarkan tim beregu putra Indonesia meraih medali perak.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha