Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pep Guardiola Bela Mourinho yang Tengah Dihujani Kritik
Oleh : Redaksi
Sabtu | 01-09-2018 | 17:28 WIB
pep-guardiola2.jpg Honda-Batam
Pep Guardiola. (Foto: AP Photo/Rui Vieira)

BATAMTODAY.COM, Manchester - Pep Guardiola mengatakan dia tidak ingin menghakimi manajer Manchester United Jose Mourinho atas performa buruk timnya dalam tiga pekan perdana Liga Primer Inggris. Menurut manajer Manchester City tersebut, Mou layak dihormati karena ia pernah meraih tiga gelar Liga Inggris.

Mourinho berada dalam tekanan menyusul dua kekalahan beruntun melawan Brighton dan Tottenham. Kekalahan itu membuat Setan Merah menempati posisi 13 klasemen sementara Liga Inggris.

"Saya sering berkata, saya tidak menghakimi. Tentu saja kami dinilai dari gelar yang kami dapat, khususnya jika Anda memenangkan gelar," kata Pep, dikutip dari Sky Sports, Sabtu (1/9/2018).

Pep yang menjadi rival sejak sama-sama melatih di Spanyol itu menilai, tidak ada keraguan atas kapasitas pelatih asal Portugal tersebut. Ia pernah memenangkan gelar bersama klub dengan pemain luar biasa. Tapi jika memang belum waktunya juara, maka itu tidak akan terjadi. "Tapi ada banyak manajer yang tidak memenangkan gelar namun mereka luar biasa," ujar Pep.

Sebab, untuk meraih juara bukan semata-mata tergantung kepada manajer. Tapi juga peran dari klub dan pemain yang mumpuni. Dalam banyak situasi, kata dia, manajer tidak bisa mengontrol klub dan pemain. "Itu bukan berarti mereka tidak bagus," tegas Pep.

Sumber: Republika
Editor: Dardani