Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pleno Penetapan DPT Kepri Berjalan Alot, Ditemukan Ribuan Pemilih Ganda
Oleh : Charles Sitompul
Jumat | 31-08-2018 | 13:16 WIB
pleno-alot1.jpg Honda-Batam
Ketua Bawaslu Kepri Muhammad Sdjahri Papeni. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat KPU Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Jum'at (31/8/2018), berjalan alot. Dari jumlah DPT yang dibacakan masing-masing KPU kabupaten/kota, ditemukan ribuan pemilih ganda.

Dari ribuan daftar pemilih ganda yang ditemukan dan masuk pada data Sidali KPU Kepri, terdapat 4.560 pemilih di Batam, 629 pemilih di Kabupaten Bintan, serta 18 pemilih di Karimun.

Hal itu diungkap Bawaslu Kepri, setelah seluruh anggota KPU kabupaten/kota di Kepri membacakan rekapitulasi pleno DPT yang sebelumnya sudah ditetapakan di masing-masing kabupaten/kota.

Ketua Bawaslu Kepri, Muhammad Sdjahri Papeni, mengatakan, temuan data pemilih ganda di Batam, Bintan dan Karimun itu didasarkan pada hasil evaluasi yang dilakukan Bawaslu tingkat kabupaten/kota.

"Atas ditemukanya DPT ganda ini, kami meminta penjelasan ke KPU kenapa pemilih berdasarkan nama, NIK dan alamat yang sama masuk dalam DPT dan data Sidali," ujarnya.

Bawaslu Kepri juga mengaku belum memiliki data DPT ganda dari seluruh kabupaten/kota, dan pihaknya masih terus meminta Bawaslu kabupaten/kota agar tetap melakukan pencermatan terhadap DPT yang sudah ditempel KPU dan PPK di kelurahan atau tempat-tempat lainya.

Sementara atas rapat pleno DPT Tingkat provinsi Kepri, Bawaslu meminta kepada KPU Kepri dan kabupaten kota agar membuka data Sidali untuk mencocokan kegandaan DPT yang terjadi sebelum akhirnya diplenokan menjadi DPT final jumlah Pemilih di provinsi Kepri.

Editor: Yudha