Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berat Lahir Hanya 900 Gram

RSUD Dabo Selamatkan Bayi Prematur
Oleh : Juhari/Dodo
Jum'at | 03-02-2012 | 09:35 WIB
BAYI_PRMTR.JPG Honda-Batam

Bayi prematur dan dokter spesialis anak dr Rizqa di RSUD Dabo.

LINGGA, batamtoday - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dabo, Kabupaten Lingga berhasil menyelamatkan kelahiran bayi prematur yang lahir dengan berat hanya 900 gram.

Hingga Jumat (3/2/2012), bayi bernama Sausan Fathila Putri, anak ketiga dari pasangan Arjoni dan Osmarida ini telah memasuki hari ke 36 perawatan di RSUD Dabo.
Keberhasilan tim medis RSUD Dabo dalam merawat bayi prematur itu disambut gembira oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga dr Ignasius Luti.
"Ini kasus yang jarang terjadi, lantaran biasanya dalam kasus kelahiran prematur dengan berat kurang dari 1 kilogram sangat jarang selamat," kata dia.
Sementara itu, dokter spesialis anak di RSUD Dabo H.M.Risqa  menyampaikan perawatan terhadap bayi yang kurang berat badanya terus dilakukan sampai sang bayi benar-benar stabil.
"Organ vitalnya belum sempurna, biasanya bayi lahir seperti ini selalu mengalami gangguan pada mata dan di dalam kasus kelahiran bayi prematur sangatlah jarang bisa bertahan, dikarenakan penyebabnya kebanyakan si bayi mengalami sesak nafas karena kondisi paru-parunya lemah," kata Risqa. 
Risqa menjelaskan semenjak lahir tanggal 28 Desember lalu sampai saat ini  bayi itu ditempatkan di dalam inkubator agar kondisinya tetap stabil.
"Stabilitas suhu juga harus dijaga antara 30,5 sampai dengan 37 derajat celsius. Alhmadulillah kondisinya stabil dan membaik tidak ada gangguan yang berarti, sampai sekarang usia anak tersebut sudah  satu bulan lima hari," kata Evariansi, kepala ruang perawatan anak.