Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur dan Apindo Karimun Bahas Pengembangan Pelabuhan Barang di Kundur
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 23-08-2018 | 16:16 WIB
nurdin-apindo-karimun1.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Apindo Karimun. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Kundur - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basriun bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Karimun melakukan pembahasan rencana pengembangan pelabuhan barang di Kundur pada Rabu (22/8/2018).

Nurdin mengatakan, keberadaan pelabuhan sangat vital bagi kelancaran proses pembangunan di daerah.Karena jantung dari daerah Kepulauan adalah memiliki pelabuhan yang memadai.

"Atas dasar itu, maka semua jenis pelabuhan di Kepri harus dibenahi, baik pelabuhan penumpang maupun pelabuhan barang," ujar Nurdin saat menggelar open house Idul Adha 10 Dzulhijah 1439 H di Gedung Pemuda Tanjung Batu, Kundur, Rabu (22/8/2018).

Saat menjamu pengurus Apindo Karimun berserta sejumlah jajarannya, Apindo Karimun juga mengajukan kepada Nurdin agar pengembangan pelabuhan bongkar muat barang di Kundur dapat ditingkatkan.

"Kami berupaya meminta kepada Gubernur agar pelabuhan di Kundur dapat ditingkatkan," ujar Ketua Apindo Kundur, Khengky.

Permintaan itu dirasa Khengky harus segera direalisasikan karna kondisi pelabuhan kundur sendiri masih perlu peningkatan disemua segi baik di pelabuhan penumpang dan khsusnya barang.

"Agar arus barang terutama kebutuhan pokok masyarakat setempat dapat tersalurkan dengan cepat," lanjut Khengky.

Menanggapi masukan dari Apindo tersebut, Nurdin mengatakan akan segera berkoordinasi dengan OPD juga Instansi terkait lainnya untuk membahas pengembangan pelabuhan bongkar muat barang agar dapat segera terealisasikan.

"Kita akan segera membahas dengan OPD terkait pengembangan pelabuhan di Kepri khususnya di Kundur ini," kata Nurdin.

Masyarakat tambah Nurdin, harus merasakan langsung realisasi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Hingga ketika mereka melalui dan menggunakan pelabuhan yang di bangun akan merasa aman dan nyaman.

Demikian juga pelabuhan barang, Nurdin menambahkan tersedianya dermaga kapal yang luas, dengan kedalaman air laut ketika surut yang sesuai dengan kebutuhan kapal-kapal angkut barang yang besar, menurut Nurdin pengembangan pelabuhan bongkar muat barang harus segera direalisasikan.

"Arus barang tentu menjadi cepat, lalu lintas kapal dan barang berjalan lancar serta cost menjadi rendah. kita harus memastikan bahwa kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan efisien," ujarnya.

Editor: Yudha