Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Danau Toba Gelar Dua Event Internasional
Oleh : Redaksi
Rabu | 22-08-2018 | 14:52 WIB
danau-toba-wisata.jpg Honda-Batam
Keindahan alam Danau Toba.

BATAMTODAY.COM, Samosir - Samosir Music International (SMI) dan Grand Fondo New York Indonesia (GFNY) bakal digelar di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada 25 Agustus dan 2 September.

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba bersama Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan hal tersebut menjadi momentum yang baik bagi pariwisata di Danau Toba.

"Dari kedua event ini, kami sangat optimistis mampu mencapai target mendatangkan lebih kurang 10.000 pengunjung ke kawasan Danau Toba sampai pertengahan September," kata Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo, Selasa (21/8/2018).

Dia mengatakan Samosir juga berpotensi untuk mencuri perhatian pecinta road bike lewat Grand Fondo New York Indonesia (GFNY). Hal itu, kata dia, disebabkan oleh destinasi yang indah yang dikelilingi Danau Toba, perbukitan hijau dan sawah.

Sementara Project Manager SMI Henri Manik mengatakan persiapan SMI sudah siap digelar pada pekan depan.

"Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi atas support dan bantuan fasilitasi dari Pemerintah Kabupaten, BPODT serta seluruh musisi yang akan tampil akhir minggu ini. Persiapan yang matang terutama venue dan artis pendukung," ujarnya.

Samosir Music International adalah bagian dari Calendar of Event Horas Samosir Fiesta. Acara itu juga mengundang musisi mancanegara macam Herman Delago, Nadine Beiler, JB'S Band asal Austria, juga Bernadeta Astari asal Belanda.

Mereka akan berkolaborasi dengan sederet artis Tanah Air, macam pianis Yosephine Madju, Viky Sianipar, Alsant Nababan, Louis Sitanggang, dan Tongam Sirait. Tak hanya itu, namun juga ada Jajabi Band, Boraspati Group dan Halak Hita Group.

"Kami ingin menunjukkan pada Indonesia dan Dunia, bahwa nilai Habatakon dapat dikemas apik dan manis dengan musik. Musik adalah bahasa universal. Dengan musik kami ingin memperkenalkan budaya kami kepada masyarakat luas supaya bisa dinikmati dan dipromosikan menjadi daya tarik lokal berkelas internasional," kata Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Tahun 2017, Samosir Music International mampu menyedot sekitar 30 ribuan penonton dan 10 persennya adalah wisman.

Seperti SMI, persiapan GFNY juga sudah masuk tahap final. Partisipasi aktif dari Kabupaten Samosir seperti pengamanan dan koordinasi untuk jalan sudah dikondisikan dengan aparat keamanan. Peserta GFNY ini berasal dari kalangan umum baik dari lokal maupun mancanegara.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha