Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PPK Bintan Utara Kunjungi Sekolah Sosialisasi Pemilu Kepada Pemilih Pemula
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum\'at | 10-08-2018 | 12:52 WIB
ppk-bintan-utara1.jpg Honda-Batam
PPK Bintan Utara sosialisasikan pemilu bagi pemilih pemula. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bintan Utara mengunjungi Sekolah Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina (YKPP) dan SMKN 1 Bintan Utara dalam rangka koordinasi pemilih pemula pada Kamis (9/8/2018) sore.

Ketua PPK Bintan Utara, Iswadi dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka koordinasi dan sosialisasi pemilih pemula Pemilu Tahun 2019 kepada pihak sekolah.

Iswadi melanjutkan bahwa hasil koordinasi tersebut diketahui bahwa jumlah pemilih pemula yang ada di SMA YKPP yang berpotensi menjadi pemilih pemula adalah 154 orang dan SMKN 1 sekitar 240 orang.

"Jumlahnya untuk kedua sekolah di atas mencapai 394 orang. Iswadi menjelaskan bahwa siswa-siswi tersebut adalah murid kelas XII yang bulan April 2019 nanti berumur 17 tahun," ujar Iswadi saat dihubungi, Jumat (10/8/2018).

Sementara, Komisioner KPU Bintan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Haris Daulay mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka monitoring jumlah murid untuk masing-masing sekolah di Bintan Utara. Sesuai dengan UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, bahwa setiap warga yang telah berumur 17 Tahun dan memiliki E KTP atau Surat Keterangan (Suket) Disduk harus diakomodir sebagai pemilih pada pemilu serentak nanti.

"Adek-adek pelajar ini yang dimaksud undang-undang sebagai pemilih pemula nanti," tutup Haris.

Adapun kegiatan koordinasi tersebut melibatkan Pengawas Kecamatan Bintan Utara, Ndaru Effendi dan Pengawas Lapangan se Bintan Utara.

Editor: Yudha