Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bidang Konstruksi Sokong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Kuartal II 2018
Oleh : Redaksi
Rabu | 08-08-2018 | 12:16 WIB
menteri-pupr1.jpg Honda-Batam
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bidang konstruksi termasuk salah satu sektor yang menyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menurut BPS mencapai 5,27 persen pada kuartal II 2018.

"Sebagai salah satu Kementerian dengan anggaran terbesar, penyerapan anggaran Kementerian PUPR sebagai belanja pemerintah turut berperan. Oleh karenanya penyerapan diharapkan bisa dilakukan secara merata, tidak menumpuk di akhir tahun sehingga bisa tetap menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen," kata Menteri Basuki dalam rilis di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Selain mempercepat realisasi belanja infrastruktur, Basuki juga meminta kepada seluruh balai dan Satker Kementerian PUPR di daerah memperhatikan kualitas infrastruktur yang dibangun dengan memperkuat pengawasan, serta mengelola dengan baik aset infrastruktur yang sudah dibangun.

Menteri PUPR mengingatkan bahwa balai kementerian PUPR di daerah tidak hanya sebagai manajer konstruksi yang hanya fokus dalam membangun tetapi juga dalam mengelola infrastruktur yang telah dibangun tersebut.

"Kepala Balai dan staf wajib mengetahui aset yang dimiliki, kondisi, lokasi dan pemanfaatan aset infrastruktur yang berada dalam lingkup tanggung jawabnya," katanya.

Balai, lanjut Basuki, juga wajib mensupervisi seluruh pekerjaan infrastruktur yang ada di daerah, termasuk yang dikerjakan Pemda, jika ada hal-hal yang belum memenuhi kaidah teknis ke-PU-an.

Sumber: ANTARA
Editor: Yudha