Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ragab Sepakat Bentuk Panitia Ad Hoc untuk Sidang Tahunan MPR RI
Oleh : Irawan
Rabu | 25-07-2018 | 09:16 WIB
zulkifli_ragab.jpg Honda-Batam
Ragab sepakat membentuk Panitia Ad Hoc dalam Sidang Tahunan MPR

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan, rapat gabungan (Ragab) MPR RI sepakat membentuk Panitia Ad Hoc (PAH) I yang bertugas menyiapkan naskah Haluan Negara (semacam GBHN) sebagai Rujukan Haluan Pembangunan Nasional.

Sedangkan PAH II bertugas menyiapkan bahan rekoemndasi hasil kajian Badan Pengkajian MPR RI yang bertugas menyempurnakan Peraturan Tatib MPR RI.

"Naskah itu nantinya harus mendapat persetujuan Presiden RI untuk disahkan. Kalau tidak, maka tugas MPR yang akan datang," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Hadir Wakil Ketua MPR RI. Oesman Sapta Odang, EE. Mangindaan, Ahmad Basarah, Rambe Kamarulzaman, Jazilul Fawaid (FPKB), dan pimpinan fraksi MPR RI dan kelompok DPD RI.

Naskah itu kata Ketum PAN itu, juga akan disampaikan pada sidang tahunan MPR RI pada 16 Agustus 2018 mendatang.

"Menjadi satu rangkaian dengan kegiatan sidang bersama DPR, dan DPD RI serta sidang DPR RI dalam rangka penyamapaian nota keuangan RAPBN 2019," ujarnya.

Sidang tahunan itu akan ditutup dengan penyamapaian Pidato Kenegaraan oleh Presiden RI Joko Widodo terkait laporan kinerja lembaga-lembaga negara sebagai bentuk akuntabilitas lembaga-lembaga negara kepada masyarakat.

Sidang akan dihadiri oleh mantan Presiden dan Wapres, mantan pimpinan MPR RI, Menteri Kabinet Kerja, Duta Besar, lembaga pemerintah non kementerian, Panglima TNI, Kapolri, pimpinan parpol, Lembaga Pengkajian MPR RI, dan laporan kinerja MPR akan disampaikan oleh Presiden dalam pidato kenegaraan tersebut.

Berdasarkan Tatib MPR pasal 38, PAH dibentuk dan ditetapkan dalam sidang paripurna MPR RI yang didahului penjelasan pimpinan MPR RI dan dilanjutkan dengan pandangan umum fraksi-fraksi dan kelompok DPD RI.

PAH I dipimpin oleh Ahmad Basarah (FPDIP), dan PAH II dipimpin oleh Rambe Kamarulzaman (Golkar). PAH itu terdiri dari pimpinan MPR RI dan minimal 5% dari jumlah anggota (35 orang) dan sebanyka-banyaknya 10 % (70 orang) yang akan fditetapkan secara proporsional dan setiap fraksi dan Kelompok DPD RI.

Selain itu MPR RI akan menggelar peringatan Hari Konstitusi yang akan jatuh pada 18 Agustus 2018 dan peringatan HUT MPR RI pada 29 Agustus 2018.

"Pimpinan MPR berharap semua agenda itu berlancar lancar dan sukses," pungkasnya.

Editor: Surya