Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Untuk SD dan SMP

Dua Ribuan Lebih Calon Siswa Baru di Batam Tak Tertampung di Sekolah Negeri
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 12-07-2018 | 09:28 WIB
ppdb-batam.jpg Honda-Batam
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 2.203 calon siswa baru tidak tertampung di sekolah negeri, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Batam. Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batam, Hendri Arulan.

"Untuk SD, dari jumlah yang mendaftar, 576 calon murid yang tidak tertampung. SMP dari jumlah mendadtar, ada 1.607 murid yang tidak tertampung," ujar Hendri usai dipanggil rapat mendadak oleh Wali Kota Batam, di Kantor Pemerintahan Kota (Pemko), Rabu (11/07/2018).

Artinya ada 2.203 calon siswa/siswi yang tidak tertampung di jenjang SD mapun SMP untuk sekolah negeri. Untuk SD yang paling banyak tidak tertampung di Kecamatan Batam Kota. Namun ada juga SD Negeri yang minim pendaftaran, salah satunya SDN 12 Nongsa.

Sementara untuk SMP yang paling banyak tidak tertampung di Kecamatan Sekupang, sebanyak 576 siswa dan Batam Kota sebanyk 518 orang.

Dikatakan Hendri, Wali Kota Batam Muhammad Rudi memerintahkan seluruh sekolah untuk menyerahakan data daya tampung sekolah. "Saya belum bisa mengambil kesimpulan, menambah rombel atau kouta. Tadi Pak Wali Kota meminta masing-masing sekolah menyerahkan data daya tampung sekolah," ujarnya.

Hendri menilai untuk menambah rombel tidaklah mudah. Karena harus melihat kesiapan sekolah dalam menyediakan ruang kelas dan penambahan guru pengajar. Untuk itu, kata Hendri, besok seluruh sekolah harus menyerahkan daya tampung siswa. Dalam rapat juga akan dihadiri seluruh ketua yayasan sekokah swasta.

"Kalau penambahan rombel, bagaimana kemampuan guru, bagaiaman kemampuan ruang kelas ada atau tidak. Pak Wali meminta betul-betul kepastian daya tampung sekolah besok. Jadi sekolah besok menyiapkan data itu. Baru kita akan putuskan," pungkasnya.

Editor: Gokli