Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kroasia Tantang Prancis di Final, setelah Kalahkan Inggris 2-1
Oleh : Redaksi
Kamis | 12-07-2018 | 08:04 WIB
mario_manzukic.jpg Honda-Batam
Selebrasi pemain Kroasia Mario Mandzukic usai menciptkan gol ke gawang Inggris

BATAMTODAY.COM, Rusia - Kroasia melangkah ke final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Inggris 2-1. Pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu 2x15 menit karena skor imbang 1-1 selama 90 menit.

Bertanding di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB, pertandingan baru berjalan lima menit, Inggris mampu mencetak gol melalui tendangan bebas Trippier.

Wasit memberikan tendangan bebas kepada Inggris setelah Modric melanggar Alli di luar kotak penalti. Tendangan bebas melengkung yang dilepaskan Trippier tak mampu dibendung kiper Kroasia, Subasic.

Inggris mendapat peluang menggandakan skor di menit ke-15. Tendangan penjuru Trippier mengarah ke kotak penalti. Bola ditanduk Maguire, tapi arahnya masih melebar.

Kroasia baru bisa mengancam di menit ke-19. Perisic mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang, arah bola melebar di kanan gawang.

Peluang bagus didapat Inggris di menit ke-29. Kane tinggal berhadapan dengan Subasic meski dari sudut sempit. Kane menendang bola ke gawang. Tapi Subasic bisa menghentikan bola. Bola liar ditendang lagi oleh Kane, tapi wasit meniup peluit tanda offside.

Menit ke-31, Kroasia hampir menyamakan skor. Tendangan keras Rebic dari luar kotak penalti mampu diredam kiper Inggris, Pickford.

Peluang bagus kembali didapat Inggris di menit ke-35. Alli memberikan umpan ke arah Lingard. Berdiri bebas di luar kotak penalti, sepakan pemain Manchester United itu malah melenceng. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Kroasia tampil lebih dominan. Mereka lebih banyak dalam penguasaan bola dan menciptakan peluang.

Peluang pertama didapat Kroasia di menit ke-64. Tendangan keras Perisic dari dalam kotak penalti diblok oleh Walker.

Kroasia bisa menyamakan skor di menit ke- 68. Umpang silang Vrsaljko dicocor oleh Perisic menggunakan kaki.

Dua menit berselang, Kroasia nyaris unggul. Tendangan kaki kiri Perisic dari dalam kotak penalti membentur tiang gawang.

Menit ke-79, Inggris mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti seperti yang dilakukan Henderson. Tapi arah bola jauh melambung tinggi.

Kroasia mengancam lagi di menit ke-82. Mandzukic bebas mengontrol bola di dalam kotak penalti. Dia langsung melepaskan tendangan ke gawang, tapi bola bisa diamankan Pickford.

Peluang terakhir didapat Inggris di injury time. Tendangan bebas Trippier ditandukan Kane. Sayang, arah bola masih melenceng. Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Laga dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit.

Di babak tambahan 15 menit pertama, Inggris dan Kroasia sama-sama memiliki satu peluang emas. Di menit ke-99, Inggris nyaris unggul. Tandukan Stones memanfaatkan sepak pojok dibuang dari gawang oleh Vrsaljko.

Sementara itu, peluang emas Kroasia tercipta di menit ke-105. Umpan silang Perisic ke kotak penalti dicocor Mandzukic. Tapi, bola masih bisa dihalau Pickford.

Di babak tambahan 15 menit kedua, Kroasia akhirnya bisa mencetak gol tepatnya di menit ke-109. Tendangan kaki kiri Mandzukic dari dalam kotak penalti mengoyak gawang Inggris. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Kroasia akan menghadai Prancis di final yang sebelumnya mengalahkan Belgia. Sementara Inggris akan menghadapi Belgia untuk memperebutkan tempat juara ketiga dan keempat Piala Dunia Rusia 2018.

Editor: Surya