Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nurdin Ingin Semua Sektor Bergerak Membangun Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 11-07-2018 | 09:16 WIB
tausyah-2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat memberikan tausiyah di Masjid Sabilun Najaah, MKGR Batuaji, Batam.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun menegaskan, ada banyak sektor yang harus ditumbuhkan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sejalan dengan itu, ada juga sektor yang harus digerakkan agar perjalanan bangsa ini semakin baik, memperkuat kesatuan dan memiliki pondasi agama yang kuat.

Penguatan sektor-sektor tersebut dirangkaikan Gubernur Nurdin dalam aktivitasnya sepanjang Selasa (10/7/2018). Yang utama dihadiri Nurdin adalah Indenpendence Day 424 th Negara Amerika Serikat di Best Western Premier Hotel Batam, Senin (9/7/2018) malam.

Pada Selasa (10/7/2018), Nurdin memulai aktivitasnya dengan safari subuh di Masjid Sabilun Najaah MKGR, Kecamatan Batuaji, Kota Batam. Aktivitas Nurdin dilanjutkan dengan penyampaian orasi ilmiah dalam pelaksanaan upacara penyerahan ijazah UPBJJ-UT Batam di Hotel Goodway Batam.

Gubernur Nurdin Basirun juga menghadiri pembukaan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh Komisi I DPRD Kepri di Hotel Harmoni One Batam Center.

Usai dari dua hotel di Batam, Nurdin menjelajah sektor lautan menuju Pulau Setokok. Di sini Nurdin melakukan panen perdana budidaya ikan laut hasil kerja sama PT Patwa Dimensi Sinergi Nusantara dengan Pemprov Kepri, serta pencanangan Kampung Kerapu di Kelurahan Setotok, Kecamatan Galang, Kota Batam.

Nurdin mengatakan banyak cara yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan perekonomian. Apalagi Kepri sebagai daerah kepulauan, sektor kelautan harus mampu dimanfaatkan dengan maksimal untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kunci besar kita ada di kelautan, harus diberdayakan semaksimal mungkin," ujar Nurdin dalam acara panen perdana budidaya ikan laut di Pulau Setokok.

Pemerintah, kata Nurdin, tidak bisa bekerja sendiri dalam mendongkrak semua potensi yang ada di Kepri. Nurdin menyanjung para pelaku usaha yang ikut memberikan sumbangsihnya.

"Kerja sama dan kolaborasi terus kita lakukan, kami akan terus kawal pergerakan dan skala keberhasilan. Jika misalnya ada masalah di perizinan kami siap bantu," lanjut Nurdin.

Selain mengembangkan potensi kelautan, tambah Nurdin, saat ini pemerintah daerah juga terus berupaya untuk menunjang sektor lain yang tak kalah penting, pemerataan infrastruktur (sebagai komponen penting daerah kepulauan) serta membangun dan meningkatkan sumber daya manusia daerah.

"Pembangunan pelabuhan dan jalan kita akan terus upayakan dapat berjalan, selain itu SDM juga kita perhatikan, pembangunan USB untuk sekolah-sekolah juga kita lakukan dan merata di Kepri," tambah Nurdin.

Menjaga itu semua, Nurdin juga mengapresiasi jajaran TNI dan Polri yang ikut turut serta menjaga daerah Kepri tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

Soal keamanan, Nurdin mengatakan akan menjamin kelancaran dan kemudahan dalam pengurusan izin jika banyak negara termasuk AS menambah investasi di Kepri. "Perjalanan Dubes AS Joseph aman dan lancar di Kepri. Termasuk perayaan hari Kemerdekaan AS ini berlangsung khidmat dan aman penuh keakraban. Ini menandakan Kepri sangat kondusif untuk berinvestasi," tegas Nurdin saat menghadiri peringatan kemerdekan AS.

Soal infrastruktur dan posisi strategis Kepri, ditegaskan Nurdin tidak perlu diragukan lagi oleh AS. Selain berada di jalur perdagangan internasional tersibuk di dunia, jalan-jalan di Batam sudah sangat lebar untuk kelancaran transportasi. Begitu juga dengan pelabuhan-pelabuhan laut dan udara.

Untuk investasi selanjutnya, Nurdin menawarkan kerja sama dalam bidang teknologi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, budidaya perikanan serta pariwisata. Kerja sama tersebut tidak hanya untuk Batam, tetapi juga Karimun, Lingga, Bintang, Anambas dan Natuna.

Dalam sosialisai Empat Pilar Kebangsaan, Nurdin mengatakan, salah satu barometer untuk meningkatkan perekonomian daerah adalah keamanan. Karena itu dia mengajak semua komponen masyarakat menjaga kedamaian dan kenyamanan Kepri.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh Komisi I DPRD Kepri di Hotel Harmoni One Batam Center.

"Bentengi diri dan generasi penerus dari paham radikalisme yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI. Tetap kita jalin rasa saling menghormati, menghargai dan cinta damai agar kehidupan bermasyarakat dalam keberagaman tetap terwujud," kata Nurdin.

Menurut Nurdin, banyak tantangan yang harus segera dimanfaatkan untuk menjadi peluang. Para mahasiswa yang telah menamatkan jenjang pendidikannya bisa segera mengaplikasikannya dalam kehidupan di masyarakat.

"Ilmu dan pengetahuan yang telah didapat bisa segera ditransfer/berbagi dengan lainnya, serta membawa manfaat untuk kehidupan," kata Nurdin saat upacara penyerahan ijazah.

Salah satu indikator yang menjadi rujukan dalam menimba ilmu pengetahuan, kata Nurdin adalah disiplin. Dengan disiplin pekerjaan yang dilaksanakan bisa tepat waktu. Seperti disiplin dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dimulai dari Sholat Subuh dan Sholat Fardu dan lainnya, sehingga ilmu pengetahuan tersebut mendapat keberkahan dan rahmat.

"Jangan pernah berhenti dalam menuntut ilmu karena akan membawa segudang pengetahuan bagi kita," kata Nurdin.

Editor: Gokli