Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usai Berpose Bugil, Aktris Iran Dilarang Balik ke Negaranya
Oleh : Redaksi/Inilah.com
Sabtu | 21-01-2012 | 10:56 WIB
farahani.gif Honda-Batam

Golshifteh Farahani saat berakting dalam sebuah film.

PARIS, batamtoday - Aktris Iran, Golshifteh Farahani dilarang kembali ke negara asalnya. Farahani dikecam pemerintah Iran karena berani berfoto telanjang di majalah asal Prancis, French Magazine

Seperti dikutip Dailymail, Farahani mengatakan ia telah dihubungi oleh pemerintahan Iran. Pemerintah Iran mengatakan sudah tidak lagi membutuhkannya dan menyarankan untuk tidak lagi kembali ke Iran. 

Dalam majalah French, Farahani memang tampil cukup berani dengan berfoto tanpa busana. Dengan foto berwarna hitam putih itu, Farahani menutup kedua payudaranya dengan kedua tangannya. 

Gambar itu kemudian ia posting di akun Facebook miliknya. Beragam komentar tentang foto tersebut. Ada yang memuji, namun tidak sedikit yang mengecam aktris yang sempat bermain dengan Leonardo DiCaprio di film Body Of Lies dengan tingkahnya itu. 

Kemarahan orang-orang dengan foto tersebut bukan saja karena Farahani berani tampil telanjang. Namun sebagai wanita muslimah, Farahani dianggap telah melupakan budaya dan kulturnya. 

Karena hal itulah, Farahani kini memilih tinggal di Paris, Prancis dan meninggalkan Iran sejak tahun lalu. 

"Saya diberitahu oleh kementerian budaya dan pemeritahan Iran bahwa mereka tidak memerlukan aktor atau artis. 'Anda mungkin menawarkan layanan artistik Anda di tempat lain'," terang Farahani dalam sebuah wawancara. 

Farahani sejatinya adalah akrtis yang berbakat dan telah mendapatkan banyak penghargaan di negara asalnya. Namun karena itu juga, Farahani sering mendapatkan kecaman dari negaranya. 

Farahani mulai terjun di dunia teater pada usia enam tahun di film The Pear Tree (1998). Di usia 14 ia meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik di acara penghargaan tahunan, Fajr Film Festival. 

Dari situ Farahani menjadi artis terkemuka di Iran. Namun filmnya berjudul Santoori (2007) tidak pernah ditayangkan hingga kini. Farahani juga memintangi M For Mother di 2006 yang meraih sukses besar di Iran dan mewakili Iran di ajang Academy Awards pada 2008 sebagai Film Asing Terbaik. 

Lantas di 2008, Farahani berkesempatan beradu akting dengan Leonardo DiCaprio dan Russel Crow dalam film Body of Lies. Ia menjadi artis Iran pertama yang membintangi film Hollywood berbiaya besar.