Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penutupan MTQ VII Provinsi Kepri di Lingga

Gema Alquran Harus Terus Bersenandung di Kepulauan Riau
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 16-05-2018 | 10:40 WIB
serahkan-piala.jpg Honda-Batam
Gubernur Nurdin Basirun dan Wakilnya Isdianto saat menyerahkan piala kepada Pemkab Karimun sebagai pemenang MTQ VII Provinsi Kepri di Desa Lanjut, Dabo Singkep, Lingga. Piala diterima langsung Bupati Karimun Aunur Rafiq dan disaksikan Bupati Lingga Alias Wello.

BATAMTODAY.COM, Lingga - Wakil Gubernur Kepri Isdianto menyampaikan meski pelaksanan MTQ telah selesai dan ditutup, tetapi Ddia mengharapkan, syiar dan gema senandung Alquran akan selalu bersenandung di seluruh Kepri

"Kita juga berharap agar dari pelaksanaan MTQ ini, para qori qoriah, bisa terus meningkatkan kemampunya. Agar mereka bisa lebih baik lagi, sehingga berhak mengikuti pertandingan di level yang lebih tinggi," kata Isdianto, saat menutup secara resmi pelaksanaan MTQ VII Provinsi Kepri di Desa Lanjut, Kecamatan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (14/5/2018) malam.

Isdianto menambahkan, ajang MTQ hendaknya juga dijadikan sarana mendidik dan penyebaran siyar Islam. Karena bagaimanapun MTQ juga mencetak insan Islami yang hafis dan faham ayat suci Alquran.

Para qori dan qoriah juga ditunggu perannya dalam terus membumikan Alquran. Termsuk bagi para qori, dengan kemampuannya untuk bisa menjadi imam di masjid-masjid.

"Karena kalian mengerti dan faham bacaan Alquran baik dan benar," jelasnya.

Pada perhelatan MTQ Kepri ini, kontingan Kabupaten Karimun ditetapkan menjadi juara umum MTQ VII Provinsi Kepri 2018, dengan meraih total nilai 131. Kemudian disusul kontingen Kota Batam yang berada di posisi kedua dengan nilai 118. Dan posisi ketiga diraih tuan rumah Kabupaten Lingga yang mendapatkan nilai 50.

Penutupan pelaksanaan MTQ sendiri, dilaksanakan dengan meriah, meski harus mundur selama 2 jam akibat hujan deras yang mengguyur Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Lokasi acara sebagian terendam air dan mengakibatkan sound system bermasalah.

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan kategori pemenang untuk juara qasidah rebana terbaik, yang diraih Kota Batam dan juara pawai taa'ruf terbaik yang dimenangkan utusan Kabupaten Lingga. Serta juara stand bazar terbaik direbut utusan Kota Tanjungpinang.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyerahkan piala bergilir kepada juara umum MTQ VII tingkat Provinsi Kepri yakni Kabupaten Karimun, dan diterima langsung Bupati Aunur Rafiq.

Ketua I LPTQ Provinsi Kepri TS Arif Fadillah juga mengucapkan terimakasih kepada Kabupaten Lingga sebagai penyelenggara, karena selama 7 hari pelaksanaan MTQ VII tingkat Provinsi Kepri berjalan lancar dan sukses.

Sebanyak 256 qori qoriah, official dan mufasir dari seluruh kabupaten/kota se-Kepri, telah menampilkan kemampuan terbaiknya. Tentu dari penampilan terbaik akan muncul yang terbaik. Sekaligus menempatkan mereka pada posisi juara.

"Kepada mereka yang tampil sebagai juara saya ucapkan selamat. Sedang bagi yang belum, jangan bersedih hati masih ada waktu di dalam pelaksanaan MTQ berikutnya," kata Arif Fadillah.

Arif berterima kasih kepada semua pihak yang mensukseskan acara ini. Terutama kepada tuan rumah masyarakat Lingga yang telah ikut menyemarakan pelaksanaan ajang pengamalan nilai-nilai kandungan Alquran.

Penutuapan MTQ tingkat provinsi Kepri ini juga dimeriahkan artis solawat asal Aceh Puan Puja Sarma dan dihadiri sejumlah tamu undangan seperti, Kakanwil Kemenag Kepri Marwin Jamil, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sekdako Tanjung Pinang Riono, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Bupati Lingga Alias Welo, Wakil Bupati Lingga Nizar serta undangan lainya.

Editor: Gokli