Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waduh, BPOM Temukan Bahan Makanan Mengandung Boraks di Pasar Sagulung dan Batuaji
Oleh : Yosri Nofriadi
Rabu | 09-05-2018 | 19:16 WIB
uji-lab-di-mobil.jpg Honda-Batam
BPOM di Batam menemukan bahan makanan yang terbukti mengandung kandungan zat kimia berbahaya di Pasar Sentosa Plaza (SP) Sagalung dan Pasar Aviari di Batuaji, Rabu (9/5/2018).(Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Batam menemukan bahan makanan yang terbukti mengandung kandungan zat kimia berbahaya di Pasar Sentosa Plaza (SP) Sagalung dan Pasar Aviari di Batuaji, Rabu (9/5/2018).

Dalam pengawasan bahan makanan yang dilakukan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam tersebut, petugas BPOM menemukan bahan pelembut daging yang mengandung boraks yang beredar di kedua pasar tersebut.

Staff Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen, BPOM Kota Batam, Thecery, mengatakan di kedua pasar tersebut ada 28 sample yang diambil untuk dilakukan uji laboratorium di mobil keliling BPOM, seperti, daging ayam, daging sapi, ikan basah, beberapa jenis tahu, kwetiau, serta beberapa jenis bumbu makanan.

"Dari hasil uji laboratorium di lokasi, bahan pelembut daging positif mengandung boraks. Diharapkan warga tak mengonsumsinya," ujarnya.



Setelah uji laboratorium selesai, BPOM akan menginvestigasi dan mencari tahu asal bahan makanan yang mengandung bahan berbaya tersebut. "Kami akan tanya sumber pembeliannya dan nanti akan ditelusuri lagi," ungkapnya.

Selanjutnya, bahan pelembut daging itu disita oleh BPOM untuk dilakukan pemusnahan. Dari hasil pemeriksaan sementara, bahan berbaya itu di distribusikan ke sejumlah pasar Swalayan dan beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Batam.

"Tentunya nanti akan kita lakukan pemanggilan terhadap pemiliknya untuk dimintai keterangan," ujarnya mengakhiri.

Editor: Udin