Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sosialisasi Empat Pilar

Gotong Royong Merupakan Manifesto Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
Oleh : Roni Ginting
Jumat | 04-05-2018 | 13:52 WIB
4-pilar-jasarmen1.jpg Honda-Batam
Anggota MPR/DPD RI Djasarmen Purba sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara civitas akademika Fakuktas Hukum Universitas Internasional Batam (UIB). (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota MPR/DPD RI daerah pemilihan provinsi Kepuluan Riau, Djasarmen Purba, SH kembali memberikan pemahaman empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau.

Acara ini diselenggarakan dengan civitas akademika Fakuktas Hukum Universitas Internasional Batam (UIB). Acara ini sendiri dihadiri oleh Dekan, Program studi, dosen dan mahasiswa, Kamis (26/4/2018) lalu.

Pada awal pemaparan materi, Djasarmen Purba menegaskan kembali bahwa Pancasila sebagai ideologi bisa mengikat bangsa Indonesia yang demikian besar dan majemuk. Pancasila adalah konsesus nasional yang dapat diterima semua paham, golongan, dan kelompok masyarakat di Indonesia.

Dalam posisinya, Pancasila merupakan sumber jati diri, kepribadian, moralitas, dan haluan keselamatan bangsa. Pada kesempatan ini Djasarmen Purba kembali mengingatkan bahwa Gotong Royong adalah manifesto dari penghayatan dan pengamalan Pancasila.

"Nilai-nilai kemanusiaan dan kesetaraan. Gotong royong adalah kita memperlakukan orang dengan setara karena senasib dan sepenanggungan tanpa melihat suku, agama dan ras. Kita patut menyesalkan dengan terjadinya bahkan semakin meningkatnya kasus kasus persekusi, kebencian dan kekerasan yang dilakukan di depan umum," demikian penegasan Djasarmen Purba.

Djasarmen Mengingatkan bahwa Negara sedang berupaya mencapai pembangunan yang berkeadilan, salah satunya Indonesia. Nilai-nilai Pancasila dapat dijadikan suatu nilai tambah, suatu bagian dari keadilan untuk bisa mencapai keadilan sosial berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab. Itu yang harus kita perhatikan.

"Mari Kita mengamalkan nilai nailai Pancasila melalui gotong royong secara massal secara di lingkungan, daerah dan secara nasional. Gotong royong ini juga harus diwujudkan secara dinamis dan berbasis teknologi, seperti group-group medsos yang dibentuk secara ko-eksist dan kolaboratif," pungkasnya.

Editor: Yudha