Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nilai UN Tertinggi SMA/SMK Diraih Siswa Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 03-05-2018 | 16:40 WIB
kelulusan-il1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi kelulusan.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Meski peringkat 10 besar UN didominasi sekolah SMA/SMK swasta di Batam. Namun untuk siswa peraih nilai UN tertinggi diraih Tanjungpinang.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Atma Dinata mengatakan, dari 23 ribu lebih peserta UN dan USBN siswa/siswi SMA/SMK Sederjat di Kepri, Tahun ini nilai tertinggi UN diraih siswa/siswi SMA dan SMK Negeri di Tanjungpinang.

"Untuk tahun ini, yang merih nilai tertingi UN SMA dan SMK pada USBN 2018 seluruhnya diraih siswa SMA dan SMK Tanjungpinang, kalau sebelumnya kan diraih siswa dari Batam," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Kamis(3/5/2018).

Siswa SMA yang memperoleh nilai UN tertinggi di Kepri dari SMA Negeri 1 Tanjungpinang atas nama Luis Indracahaya dengan nilai 375,50. Sedangkan nilai UN SMK tertinggi siswa SMKN 1 Tanjungpinang bernama Jesica Yeo dengan nilai 378,50.

Sedangkan untuk data kelulusan siswa SMA/SMK di provinsi Kepri, Atmadianata mengatakan, hingga saat ini belum menerima dari Sekolaj.

Hal itu disebabkan, rapat penentuan kelulusan siswa, ditentukan langsung pihak sekolah berdasarkan nilai USBN yang diperoleh siswa di masing-masing sekolahnya.

"Tadi pagi menjelang siang seluruh guru-gurunya masih melakukan rapat dan rencananya petang ini baru diumumkan. Setelah diumumkan, baru masing-masing sekolah melaporkan jumlah kelulusan siswanya ke dinas pendidikan Provinsi Kepri," ujar Atmadinata.

Hal itu tambah Atma didasarkan pada kreteria penentuan kelulusan siswa didik SMA/SMK tahun ini bukan lagi ditentukan Nilau UN, tetapai berdasarkan nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dilaksanakan masing-masing sekolah.

Editor: Yudha