Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Gayus

Busyro: KIta Mulai dari Aliran Dananya
Oleh : Taufik/Tunggul Naibaho
Kamis | 13-01-2011 | 12:30 WIB

Jakarta, batamtoday - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqqodas menegaskan pihaknya akan memfokuskan penelusuran pada asal aliran dana yang masuk ke Gayus Tambunan.

"Yang kita telusuri itu dari dananya dulu, nanti arahnya kemana baru bisa kita tentukan setelah hasil telaah," kata Ketua KPK, Busyro Muqoddas saat ditemui di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (12/1).

Ia menjelaskan pihaknya juga akan memprioritaskan pengumpulan alat bukti seputar memanggil pihak-pihak terkait aliran dana ini. Menurutnya ini merupakan bentuk profesionalitas KPK.

"Standarnya seperti itu, kalau di luar itu kami malah tidak profesional," tegasnya.

Ketika ditanya apakah ini berarti KPK juga akan memanggil perusahaan yang terkait aliran dana Gayus, Busyro mengatakan pihaknya akan meminta keterangan siapa saja.

"Wajib pajak itu kan juga bisa perseorangan dan perusahaan," imbuhnya.

Seperti diketahui, dalam persidangan terungkap, Gayus diduga menerima uang dari beberapa koorporasi besar setelah 'membereskan’ perhitungan pajak sehingga pembayarannya lebih rendah. Sejumlah perusahaan Bakrie seperti PT Bumi Resources Tbk, dan dua anak perusahaannya, PT Arutmin Indonesia serta PT Kaltim Prima Coal disebut-sebut sebagai pihak pemberi untuk mengurangi nilai pajak tersebut.