Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Piringan Hitam Abbey Road dari The Beatles Terlaris di AS
Oleh : Redaksi/RollingStone
Selasa | 10-01-2012 | 15:24 WIB

NEW YORK, batamtoday - Album klasik The Beatles, Abbey Road dikabarkan kembali menduduki posisi puncak dalam daftar penjualan album format piringan hitam (vinyl) di AS. Bahkan album dengan sampul legendaris yang menggambarkan keempat personil The Beatles yang sedang menyeberang di Abbey Road ini menduduki menjadi terlaris selama tiga tahun berturut-turut. 

Berdasarkan data yang dikeluarkan Nielsen Sound Scan, album yang diproduksi tahun 1969 ini mencapai angka penjualan 34.800 keping di tahun 2009. Di tahun 2010, angka itu meningkat jadi 35.000 keping dan setahun kemudian ditahun 2011, penjualannya meningkat lagi hingga 41.000 keping. 

Angka ini mengalahkan angka penjualan album Sigh No More milik Mumford and Sons dan The King Of Limbs milik Radiohead yang masing-masing hanya mampu mencapai angka 26.800 keping dan 20.800 keping saja. 

Album 21 milik Adele, yang tahun lalu dinobatkan sebagai album terlaris di Inggris pada abad ini dan menjadi album dengan penjualan tertinggi di AS, seperti diumumkan pada awal minggu ini, penjualannya hanya mampu mencapai angka 16.500 keping, di bawah The Kings of Limbs milik Radiohead. 

Sementara itu, Abbey Road Studio, tempat dimana The Beatles merekam album ini direncanakan akan dibuka untuk umum pada 10 Maret mendatang. Kesempatan ini sengaja digelar pihak studio dalam rangka memperingati perayaan 80 tahun berdirinya studio legendaris tersebut. 

Rencananya, masyarakat yang berkunjung nantinya akan diarahkan untuk masuk ke dalam Studio Two, yakni ruangan studio tempat The Beatles, Pink Floyd, dan Kate Bush pernah merekam lagu-lagu mereka. Tak hanya itu, Studio Two dulunya juga pernah digunakan untuk merekam scoring beberapa film box-office, di antaranya Star Wars, Harry Potter, dan Lord of The Rings.