Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nurdin Targetkan Semua Sekolah se-Kepri Bisa Terapkan UNBK di 2019
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-04-2018 | 12:53 WIB
unkb-18.jpg Honda-Batam
Ilustrasi - Pelajar saat mengikuti UNBK.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Nurdin Basirun menyampaikan Pemerintah Provinsi Kepri berharap tahun 2019 mendatang seluruh sekolah di Provinsi Kepri dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal ini disampaikan Nurdin terkait mulai dilaksanakannya UNBK di tingkat SMK di Provinsi Kepri pada Senin (2/4)

"Kita menargetkan tahun depan 2019, pelaksanaan UNBK dapat dilakukan 100 persen di Provinsi Kepri," ungkap Nurdin, Senin (2/4/2018) saat meninjau pelaksanaan UNBK di salah satu SMK, Kota Tanjungpinang, seperti dilansir laman resmi Diskominfo Kepri.

Gubernur mengatakan hingga saat ini pemerintah Provinsi Kepri terus melakukan upaya-upaya untuk mewujudkan target pelaksanaan UNBK tersebut.

"Salah satu yang telah kita lakukan ya mengupayakan pemerataan listrik di setiap kabupaten/kota dan pulau-pulau di Provinsi Kepri, dan itu telah kita lakukan dengan bekerjasama dengan PLN," ujarnya.

Karena, lanjut Gubernur keberadaan akses listrik ini nantinya yang menjadi dasar ketersediaan jaringan internet yang merupakan dasar sistem UNBK.

Tak hanya bersama PLN saja, lanjut Nurdin, ia juga selalu meminta Dinas Pendidikan Provinsi Kepri untuk dapat mengidentifikasi setiap sekolah yang belum melaksanakan UNBK. "Apa masalahnya, baik itu belum tersedianya listrik ataupun keberapa fasilitas komputernya. Sehingga pemerintah dapat mencari solusi agar kedepannya pelaksanaan UNBK di Provinsi Kepri dapat dilakukan secara 100 persen," kata Nurdin.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Atmadinata mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Kepri akan terus meningkat pelaksanaan UNBK di Provinsi Kepri.

"Salah satunya dengan menjadwalkan UNBK berbeda untuk SMA dan SMK, sehingga untuk beberapa sekolah yang akses dan fasilitas komputernya kurang bisa dialihkan ke sekolah yang memiliki fasilitas komputernya, namun dengan waktu yang berbeda," tegas Atmadinata.

Atmadinata juga mengatakan, untuk tahun 2018 ini setiap kabupaten/kota se-Provinsi Kepri telah ada satuan pendidikan yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini.

"Tahun kemarin hanya 6 kabupaten/kota yang telah melaksanakan UNBK, tahun ini seluruh kabupaten/kota telah melaksanakan UNBK untuk beberapa satuan pendidikan baik itu SMP, SMA maupun SMK," ujar Atmadinata kembali.

Editor: Gokli