Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini, 8.994 Siswa SMK di Kepri Ikuti Ujian Nasional
Oleh : Ismail
Senin | 02-04-2018 | 08:36 WIB
UNBK1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi siswa/i SMA sederajat di Kepri yang sedang melaksanakan UNBK (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 8.994 pelajar tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kepulauan Riau mengikuti Ujian Nasional, Senin (2/4/2018). Pelaksanaan UN tingkat SMK ini digelar selama empat hari yakni 2-5 April mendatang.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Atmadinata, mengungkapkan, sejumlah siswa yang mengikuti UN tersebut berasal dari 90 SMK se-Kepri. Namun, dari jumlah tersebut yang sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) hanya 38 sekolah. Sisanya, masih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

"Baru 38 sekolah saja yang menerapkan UNBK. Sisanya masih melaksanakan UNKP," ungkapnya, Senin (2/4/2018).

Dikatakan, sejumlah persiapan dalam menghadapi UN sudah dilakukan masing-masing sekolah dan Disdik Kepri. Di antaranya, ketersediaan komputer dan server pada sekolah yang menerapkan UNBK. Bahkan, simulasi serta try out juga sudah dilakukan sebanyak tiga kali sebelum ujian dilaksanakan.

"Sejumlah persiapan sudah kita lakukan. Harapan kita, mudah-mudahan para siswa dapat dengan tenang menjawab soal yang diujikan," ucapnya.

Selain itu, lanjut Atma, pendistribusian kertas soal bagi sekolah yang masih menerapkan UNKP juga sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Dijelaskan, untuk Kabupaten Natuna dan Anambas sudah didistribusikan sejak 10 hari sebelum pelaksanaan. Sementara Kota Batam dan Bintan, karena memiliki jarak tempuh yang relatif dekat, maka pendistribusiannya dilakukan 30 April lalu.

"Soal sudah didistribusikan semua, pada hari H panitia masing-masing satuan pendidikan yang melaksanakan UNKP mengambil naskah soal UN di Polsek terdekat, tempat soal dititipkan," terang Atma.

Editor: Udin