Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Cabai Merah Melambung Tinggi
Oleh : Gokli/Dodo
Selasa | 03-01-2012 | 16:20 WIB
cabai01.gif Honda-Batam

Harga cabai merah melambung tinggi memasuki tahun 2012. (Foto: Gokli/batamtoday).

BATAM, batamtoday - Pascaperayaan tahun baru 2012, harga cabai merah keriting di sejumlah pasar tradisional melambung tinggi, seperti halnya yang terjadi di Pasar Aviari, Batuaji, Selasa (3/1/2012).

Peningkatan harga cabai merah yang didatangkan dari Yogyakarta ini sangat drastis dimana sebelumnya Rp45 ribu per kilogram dan sekarang sudah mencapai Rp60 ribu per kilogram.

Keterangan dari salah seorang penjual, Mansur menyebutkan naiknya harga cabai ini disebabkan pasokan dari Pulau Jawa sangat minim. Hal ini terjadi karena kepadatan penumpang pesawat sehingga barang kargo seperti cabai ditinggal di bandara.

"Naiknya mulai hari ini, katanya cabai belum bisa diangkut pesawat karena penumpang lagi padat," jelas Mansur.

Kenaikan harga cabai merah ini tidak berpengaruh dengan harga cabai hijau dan cabai rawit. Harga cabai hijau dan cabai rawit masih stabil di kisaran Rp28 ribu per kilogramnnya.

"Saat ini belum ada kenaikan cabai hijau dan rawit, kita lihat aja besok seperti apa," ujar Mansur.

Beberapa pembeli di pasar aviari saat ditemui batamtoday mengatakan kenaikan harga cabai ini sangat mencekik bagi kebutuhan rumah tangga.

"Ini kelewatan mas harganya, kemarin aja baru Rp45 ribu sekarang sudah Rp60 ribu, gimana dengan besok?," kata Marlita, salah seorang pembeli di pasar Aviari.