Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

19 Awak Media Ikut Uji Kompetensi Wartawan di Batam
Oleh : Wandy
Jumat | 16-03-2018 | 11:05 WIB
ukw-1.jpg Honda-Batam
Peserta uji kompetensi wartawan tingkat Madya saat melakukan rapat redaksi dengan peserta Muda. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sedikitnya 19 awak media mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) yang diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri dan Pusat di Hotel PIH, Batam Center, 15-16 Maret 2018.

Uji kompetensi itu terselenggara atas dukungan PLN Batam dan BNI. Di mana, PWI sebagai pelaksana mengujikan tiga jenjang kompetensi wartawan, yakni Muda, Madya dan Utama.

Adapun peserta yang ikut uji kompetensi tingkat Utama 2 orang, Madya 7 orang dan Muda 10 orang. Uji kompetensi ini berlangsung satu hari penuh dari pukul 08.00 - 21.30 WIB pada Kamis, sedangkan Jumat (16/3/2018) sebagai acara penutup.

"Ada 9 tahapan uji yang dilalui peserta Muda dan Madya, sedangkan utama 7 tahapan," kata pengurus PWI Pusat, Uyun sekaligus penguji untuk tingkat Muda, Kamis.

Uji kompetensi wartawan ini, kata Uyun, wajib dilalui wartawan yang meningkatkan kualitas diri sebagai wartawan. "Satu-satunya cara meningkatkan kualitas yaitu uji kompetensi," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaa Uji Kompetensi Wartawan, Dedy Swada menyampaikan para peserta dibagi dalam 4 kelompok, untuk tingkat Utama 1 kelompok, tingkat Madya 1 kelompok, dan tingkat Muda 2 kelompok.

"Para peserta akan diuji oleh tim penguji yang sudah berkompeten di bidangnya, yakni tim penguji Utama Syarial, tim penguji Madya Saibansyah Dardani, dan tim penguji Muda Eka Putra dan Uyun," jelas Dedy.

Editor: Udin