Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buka Peluang Kerjasama Dengan Pihak Ketiga

BP Batam Percepat Rencana Pembangunan Infrastruktur Bandara dan Pelabuhan
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 27-02-2018 | 17:50 WIB
bp-batam-bangun-bandara.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP) Batam, Lukita Dinansyah Tuwo saat menjadi pembicara forum. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP) Batam, Lukita Dinansyah Tuwo menargetkan desian dan skema pembanguban infrastruktur Bandara Hang Nadim, Batam harus dapat diselesaikan pada akhir 2018 mendatang.

Lukita menyampaikan bahwa rencana tersebut, harus segera digesa dalam rangka pembangunan Batam dan pertumbuhan perekonomian Batam yang merosot sebelumnya.

"Untuk konsepnya kita punya dua pilihan, apakah itu Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KBPU) atau langsung penugasan. Yang pasti harus segera selesai di akhir tahun ini," ujarnya, Selasa (27/02/2018).

Ia menambahkan, dalam perencanaan ini Bandara Hang Nadim akan mengalami penambahan dua terminal. Dengan adanya hal ini, pihak nya juga membuka kesempatan bagi para calon investor asing maupun lokal.

Kemudian pihaknya merencanakan penggabungan Bandara dan Pelabuhan Kabil yang berada di dekatnya. "Desain ini kita rencanakan karena kita ingin Batam menjadi pusat logistik regional. Untuk itu kedua hal ini penting untuk segera dikebut," lanjutnya.

Potensi penggabungan Bandara dan Pelabuhan ini sendiri, menurutnya adalah salah satu potensi yang hingga saat ini tidak diperhatikan sehingga sangat terlambat dalan pengembangan nya.

"Padahal kalo dilihat dari posisi nya, Batam memiliki lokasi yang strategis di jalur perdagangan Internasional, sehingga peluang investasi nya tergolong besar," ucapnya.

Namun untuk masterplan pengembangan Batam secara lebih detail, Lukita belum dapat membuka nya dimana saat ini prosesnya masih dalam tahap finalisasi.

Editor: Dardani