Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buka Batam Economic Forum, Lukita Nyatakan Batam Punya Peluang Besar Datangkan Investor
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 27-02-2018 | 11:26 WIB
bef-2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo saat membuka acara Batam Economic Forum di Ballroom Radison Hotel Batam. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, menyatakan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang sempat merosot tajam di tahun sebelumnya, Batam masih bisa mengambil peluang mendatangkan investor baru di tengah perkembangan industri di Malaysia dan Singapura.

Hal tersebut disampaikan Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo saat membuka Batam Economic Forum yang digelar di Ballroom Radison Hotel Batam, Selasa (27/02/2018).

"Adanya anggapan ini, karena Batam bisa belajar dari kawasan industri di China. Peluang yang kita ambil karena di sana sekarang biayanya cukup tinggi, maka itu kesempatan kami untuk menariknya ke Batam," ujarnya.

Namun, ia juga menjelaskan, hal ini harus dibarengi dengan pemangkasan regulasi yang cukup panjang, seperti yang diminta oleh Presiden Joko Widodo. Untuk itu, BP Batam sendiri sudah mulai melakukan kerja sama yang baik dengan Pemko Batam.

"Keja sama ini yang menjadi dasar kekuatan kami untuk merubah Batam. Kami di BP Batam sendiri masih optimis karena Batam sendiri masih memiliki potensi yang sangat besar," lanjutnya.

Perbaikan infastruktur yang saat ini terus digodok oleh BP Batam dan Pemko Batam, juga dijelaskan sebagai salah satu sarana dalam menarik para investor baru. Dengan adanya pembagian tugas ini, kata Lukita, tentu akan mudah dalam membuat Batam semakin menarik di mata calon investor.

"Pemko Batam ada anggaran untuk pelebaran jalan, yang saat ini dilakukan Pak Rudi. Kami juga sudah ada anggaran untu perbaikan infrastruktur bandara dan pelabuhan. Jadi ada dua kekuatan anggaran yang bisa dimanfaatkan di sini," ungkapnya.

Batam Economic Forum sendiri dianggap sebagai cara untuk mengembalikan optimisme dan semangat dari para pengusaha dan calon investor yang akan masuk ke Batam.

"Dua bulan lalu, saat saya ditawari menyelenggarakan kegiatan ini, saya langsung senang karena Indonesia Economic Forum sendiri selalu diadakan di Jakarta, dan ini merupakan kali pertama diadakan di daerah," katanya.

"Kami harap hasil dari kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan oleh daerah lain, dalam melakukan upaya perbaikan pertumbuham ekonomi masing-masing daerah," tutupnya.

Editor: Gokli