Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setelah 20 Tahun, Sepultura akan Kembali Tur 5 Kota di Indonesia
Oleh : Redaksi/RollingStone
Rabu | 28-12-2011 | 12:31 WIB

JAKARTA, batamtoday - Sepultura, band thrash metal legendaris kebanggaan Brazil, dipastikan akan kembali menggelar tur konser ke Indonesia setelah terakhir kali tampil disini 20 tahun yang lalu. Ketika pertama kali singgah di Indonesia pada bulan Juli 1992, Sepultura hanya tampil di dua kota saja, yaitu Stadion Lebak Bulus, Jakarta dan Stadion Tambaksari, Surabaya.

Sementara pada Februari 2012 nanti, Sepultura akan menyambangi lima kota sekaligus dalam rangkaian tur mereka yang bertajuk Asia Relentless Tour 2012.

Lima kota tersebut, menurut rilis pers yang diterima Rolling Stone, adalah Pardede Hall, Medan (3/2/2012), Lapangan Basket Karebosi, Makassar (4/2/2012), Parkir Selatan Senayan, Jakarta (9/2/2012), Jatim Expo International, Surabaya (11/2/2012) dan GOR Ngurah Rai, Bali (12/2/2012).

Tur Sepultura di lima kota Indonesia ini diawali dengan keberhasilan promotor Netzah Production asal Malaysia dalam bernegosiasi untuk mendatangkan band yang telah berdiri sejak 1984 tersebut ke daerah Asia Tenggara.

Beruntung, gitaris band Zi Factor yang juga memiliki usaha event organizer bernama Sonic Horizon, Ezra Simanjuntak, sempat berkenalan dengan dua pendiri Netzah Production, Shiraz dan Nan, di konser Iron Maiden di GWK, Bali pada pertengahan Februari silam.

Kedua belah pihak pun merasa cocok dan sepakat untuk mengadakan kerja sama guna menyelenggarakan deretan konser tersebut di Indonesia. Tur lima kota Sepultura ini akan menjadi debut kerja sama Sonic Horizon dan Netzah Production di Indonesia.

Selain itu, Sepultura juga akan tampil di dua kota di Malaysia, yaitu Kuala Lumpur dan Kinabalu. Satu set penampilan mereka di Asia Tenggara tersebut termasuk dalam rangkaian tur tadi.

Saat ini, personel asli Sepultura yang tersisa hanyalah gitaris Andreas Kisser dan basis Paulo Jr. Frontman, pendiri sekaligus pencipta lagu Max Cavalera menyatakan keluar pada 1996 setelah album Roots dirilis. Drummer Igor Cavalera, yang juga merupakan adik kandung Max, juga menyatakan keluar pada 2007 dan membentuk Cavalera Conspiracy bersama abangnya.

Sepultura baru saja merilis album kedua belas mereka, Kairos, pada September lalu. Selain Kisser dan Paulo Jr., Sepultura diperkuat oleh vokalis Derrick Green dan drummer Eloy Casagrande yang baru berusia 20 tahun.