Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelanggan ATB, Hindari Resiko Kebocoran Jaringan Pipa Air di Dalam Rumah
Oleh : Suci Rahmadani
Rabu | 07-02-2018 | 10:50 WIB
petugas-atb-cek-meter.jpg Honda-Batam
Pemeriksaan meteran dan pipa ATB oleh petugas (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelanggan ATB, sudahkah Anda tahu jaringan pipa setelah meteran air sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan?

Jika terjadi kebocoran air di pipa jaringan dalam, pelanggan yang sepenuhnya akan menanggung dampak dari kebocoran pipa tersebut. Pelanggan bertanggung jawab menanggung tagihan air yang terbuang dan perbaikan kebocoran pipa tersebut.

"Apabila terjadi kebocoran pada jaringan pipa pelanggan setelah meter air, air bersih yang terbuang akibat kebocoran pipa tersebut akan ditagihkan kepada pelanggan," jelas Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB, melalui rilis yang disampaikan ke redaksi BATAMTODAY.COM, Rabu (7/2/2018).

Pelanggan yang tidak mau membayar tagihan tersebut, karena merasa tidak menggunakan air yang merembes akibat bocor, akan dihentikan aliran airnya oleh ATB.

ATB berhak menghentikan aliran air kepada pelanggan tersebut sementara, hingga pelanggan melunasi tagihan yang dibebankan.

Tim ATB akan membantu mencari lokasi titik kebocorannya. Namun, untuk perbaikan termasuk biaya pengerjaan dan pekerjanya, tetap menjadi tanggung jawab pelanggan.

"Meski air bersih tersebut terbuang sia-sia, pelanggan tetap dianggap menggunakan air tersebut. Kami kembali mengingatkan bahwa pipa jaringan dalam sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan. Sehingga, bila terjadi kebocoran pipa di jaringan dalam, dianggap menjadi kelalaian pelanggan," tambah Enriqo.

Beberapa hal yang dapat dilakukan pelanggan, guna lebih cepat mengetahui, jika terjadi kebocoran :

1.Pelanggan dapat melakukan pengecekan secara berkala terhadap jaringan pipa dalam, apakah terjadi kebocoran atau tidak.

2.Periksa tanda-tanda kebocoran pada jaringan pipa pelanggan, dengan cara menutup semua kran air yang terdapat di dalam rumah. Kemudian, pelanggan dapat mengatur posisi valve meter dalam posisi on atau terbuka.

3.Apabila meter air berputar, dapat dipastikan adanya kebocoran pada jaringan pipa pelanggan, dan pelanggan dapat segera lakukan perbaikan.

4.Selanjutnya, pastikan pemasangan pipa jaringan dalam rumah atau bangunan yang ditempati. Lakukan pengecekan pipa, agar dipasang dengan baik. Sehingga, resiko kebocoran dapat diminimalisir.

"Bila mencurigai ada kebocoran jaringan dalam, dapat menelepon call centre kami di nomor 0778-467111. Dapat juga, datang langsung ke kantor pelayanan kami untuk informasi lebih lanjut," ujarnya.

Pelanggan ATB, pastikan selalu pipa jaringan dalam rumah Anda, agar terhindar dari tagihan tinggi dan pemborosan, meski dalam pemakaian normal.

Editor: Udin