Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Personil Koes Plus

Yok Koeswoyo Bagikan CD Keprihatinan di DPR
Oleh : Surya
Rabu | 21-12-2011 | 17:10 WIB

JAKARTA , batamtoday - Yok Koeswoyo personel Koes Plus luncurkan lagu khusus keprihatinannya terhadap kondisi bangsa berjudul Pembuka. Peluncuran itu dilakukan oleh Yok dengan membagi-bagikan CD lagu tersebut kepada para wartawan dan kepada setiap orang yang berada di lobi Gedung DPR RI Rabu (21/12).

Lirik lagu berjudul Pembuka merupakan kutipan dari ayat Alqur'an  surat Al Fatihah yang menurut Yok, itulah yang pantas direnungkan oleh semua anak bangsa, baik dari presiden, anggota DPR RI, pejabat pemerintah mahasiswa, pelajar dan termasuk para wartawan. "Anda yang lebih tahu keadaan bangsa sekarang, saya kan setiap hari baca surat kabar melihat dimana-mana kita menyaksikan kejadian-kejadian yang memerihkan,"ujarnya.

Apakah ini bentuk protes? "Saya lakukan ini bukan untuk anggota DPR RI semata, tapi untuk semua supaya merenungkan dari lirik lagu Pembuka itu,"tambah Yok Koeswoyo.

Menurut dia, kita semua menyaksikan bahwa kejadian-kejadian seperti kasus Mesuji dan kasus-kasus yang tersiar di surat kabar membuktikan bahwabangsa ini harus merenung. "Jadi tidak perlu pake protes. Biarlah waktu yang menentukan, kalau memang tidak bisa baru kita dobrak. Tetapi berilah kesempatan kepada mereka. Misalnya kalau saya dan anak-anak saya disatu kenederaan yang sedang mogok, saya berusaha mereparasinya, tapi ada yang tidak sabar supaya jalan, tentu tidak bisa,"ungkap Yok.

Yok merupakan artis kenamaan kedua datang ke DPR RI untuk menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi bangsa. Sebelumnya artis senior papan atas Pong Harjatmo sudah tiga kali melakukan aksi protes ke DPR RI dengan membawa spanduk berisi meminta kejujuran dan adil, tegas. Namun aksinya denga cepat dihadang oleh pengaman di DPR RI.

Sebaliknya Yok Koeswoyo, dengan rambut yang sudah memutih berbaju batik gelap melakukan aksinya hanya membawa gitar akustiknya saja. Dia  membagi-bagikan ratusan keping cakram lagu Pembuka kepada siapa saja yang berada di lobi DPR termasuk para satuan pengaman di DPR RI. Ada juga yag minta foto bersama. Bahkan kedatangan Yok disambut dengan meminta supaya melantunkan lagu-lagu Kolam Susu. Namun permintaan itu ditolak Yok dan dengan senyumnya dia menjawab, "kedatangan saya ingin menyampaikan lagu Pembuka untuk semuanya. Makanya saya tulis di CD itu, tidak untuk diperjual-belikan,"