Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertemuan Dilaksanakan di Batam

80 Kepala Daerah di Indonesia Bahas Percepatan RUU Kepulauan
Oleh : Ismail
Kamis | 11-01-2018 | 14:14 WIB
Kadishub-Kepri11.gif Honda-Batam
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Jamhur Ismail. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Seluruh Kepala Daerah wilayah kepulauan akan berkumpul di Kota Batam pada 25 Januari 2018 mendatang guna membahas percepatan RUU Kepulauan yang sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2018.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Riau, Jamhur Ismail menyampaikan, pertemuan kepala Daerah kepulauan tersebut nantinya juga sekaligus mendeklarasikan Kota Batam sebagai daerah Kepulauan di Provinsi Kepulauan Riau.

Selain dihadiri para kepala daerah, pertemuan ini juga akan dihadiri Kemendagri, Kemenkeu, MPR RI, DPR RI, serta Rektor Universitas Padjajaran.

"Dalam pertemuan ini kita berusaha mendesak agar proses pembahasan RUU Daerah Kepulauan yang sudah masuk Prolegnas," kata Jamhur saat ditemui di Kantor Dishub Kepri, Kamis (11/1/2018).

Ia menjelaskan, saat ini keputusan untuk melanjutkan pembahasan RUU Daerah Kepulauan ada di DPR RI, namun jika tidak digesa maka pihak DPR RI masih enggan membahas. Oleh karena itu, melalui forum diskusi ini pihaknya akan berusaha mendorong pihak yang berwenang untuk segera membahas RUU Daerah Kepulauan tersebut.

Sebagaimana diketahui, jika RUU Daerah Kepulauan bisa terwujud maka Provinsi Kepri dan Kabupaten/Kota akan diuntungkan denga naiknya anggaran ke daerah kepulauan. Potensi kenaikan tersebut, untuk Kabupaten/Kota pada perolehan DKK ini bisa mencapai 20 persen atau Rp 200 miliar. Dengan asumsi anggaran daerah tersebut Rp 1 triliun.

Sedangkan, untuk Provinsi Kepri yang anggarannya mencapai Rp3 triliun akan mendapatkan peningkatan sebesar 25 persen atau lebih kurang Rp1 triliun. Besaran DKK tersebut dihitung minimal 5 persen dari pagu Dana Transfer Umum (DTU) atau 6 persen dari pagu Dana Alokasi Umum (DAU).

Selain membahas tentang RUU Daerah Kepulauan, tambah Jamhur, forum diskusi nanti juga disejalankan dengan pemilihan ketua Badan Kerja Sama Daerah Kepulauan (BKSDK) yang saat ini masih dijabat Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Editor: Yudha