Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahu Jalan di Daerah Peniun Jadi Lahan Parkir, Dishub Batam Tak Tegas
Oleh : CR-17
Rabu | 03-01-2018 | 12:26 WIB
lahan-parkir.jpg Honda-Batam
Inilah penampakan bahu jalan yang dijadikan lahan parkir di daerah Penuin, Kecamatan Lubukbaja. (Foto: Nando Boelan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dampak pelebaran jalan di Kota Batam tampaknya masih belum dapat sepenuhnya dinikmati masyarakat, khusunya di kawasan Penuin, Kecamatan Lubukbaja.

Penyebabnya, bahu jalan yang dilebarkan itu beralih fungsi menjadi tempat parkir kendaraan roda empat, maupun roda dua.

Pantauan BATAMTODAY.COM, depan Hotel Vanilla, Astro Foodcourt, Serta di depan Rumah Makan Salero Basamo hingga saat ini masih menjadi titik kemacetan, akibat banyaknya kendaraan yang parkir.

Kapala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan, pihaknya telah berkali kali memberikan peringatan kepada para pemilik usaha di kawasan Penuin terkait adanya parkir kendaraan.

"Dari tahun 2017 lalu setelah selesai proyek, kita udah kirim surat selain adanya tim pengawas yang disiagakan," ujarnya, saat dikonfirmasi, Rabu (3/1/2018).

Namun keberadaan tim pengawas Dishub itu tidak terlalu efektif dikarenakan para pemilik kendaraan masih tetap berani memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan.

Bahkan para juru parkir juga tampak mengarahkan para pemilik kendaraan, untuk memarkirkan kendaraannya di tiga titik tersebut.

"Tindakan lanjut yang kita lakukan adalah pemasangan spanduk, imbauan untuk parkir di tempat yang disediakan. Untuk saat ini baru hal ini saja yang dapat kita lakukan, kita juga meminta agar masyarakat sadar diri," lanjutnya.

Hendri juga menambahkan, adanya pelebaran jalan yang dilakukan Pemko Batam adalah untuk mengatasi kemacetan, dan mempercantik pemandangan di tengah kota.

"Jadi saat ini kita sudah jadwalkan operasi dalam waktu dekat, untuk merazia kendaraan yang parkir liar serta jukir liar di kawasan tersebut," paparnya.

Editor: Gokli