Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Stop Penyebaran DBD, Warga Batuaji Upayakan Fogging
Oleh : Gokli/Mg
Kamis | 15-12-2011 | 17:05 WIB
foging.jpg Honda-Batam

Sejumlah warga persiapkan alat fogging. Foto:Gokli/batamtoday

BATAM, batamtoday - Dalam rangka membrantas penyebaran nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD), warga Perumahan Pemda II Batuaji, upayakan pengasapan (Fogging) dengan dana swadaya, Kamis (15/12/2011).

Setidaknya dalam dua pekan terakhir sudah tiga orang warga Perumahan Pemda II Batuaji positif terjangkit DBD, masing-masing Afan (12), Agung (13) dan Ira (15). Ketiganya bahkan sempat dirawat di RSUD, namun saat ini kondisinya sudah sehat.

Ketua RW XX Perumahan Pemda II Batuaji, Sugiarto mengatakan, salah seorang dari tiga anak itu sempat kritis, dimana HDB-nya sempat 30, padahal HDB 80 saja penderita sudah sekarat. Melihat kondisi itu sehingga warga sepakat mengupayakan fogging di kompleks perumahan ini.

"Korban memang sudah sehat dan sudah pulang kerumah. Untuk mencegah hal itu terjadi lagi warga sepakat swadaya fogging,"jelas Sugiarto saat ditemui di lokasi.

Salah seorang warga di Perumahan itu juga mengatakan hal yang sama, dimana fogging atau pengasapan ini segaja mereka upayakan untuk menghindari atau membrantas nyamuk penyebab DBD, dimana dengan cara ini jentik-jentik nyamuk bisa dibasmi.

"Selain fogging, kami juga melakukan 3M (mengubur, menguras, dan menutup. Mudah-mudahan dengan cara ini DBD di Perumahan ini dapat teratasi,"kata Sigito salah satu tokoh masyarakat.

Fogging ini sudah dilakukan semenjak adanya korban DBD dari Perumahan itu, namun selama pelaksaan fogging semua dananya merupakan swadaya warga yang bertempat tinggal di Perumahan itu.