Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Hadir di Katedral, Jokowi Titip Ucapan Selamat Natal
Oleh : Redaksi
Senin | 25-12-2017 | 08:30 WIB
natal_di_katedral.jpg Honda-Batam
Mendagri Tjahjo Kumolo beserta sejumlah pejabat pemerintah dan Pemprov DKI Jakarta saat meninjau ibadah Misa Natal 2017 di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (24/12). (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mewakili pemerintah menghadiri Misa Natal 2017 di Gereja Katedral, Jakarta. Tjahjo ditemani oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian beserta jajarannya ke Katerdal.

Tjahjo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tak bisa hadir, namun Jokowi dan JK menitipkan salam dan mengucapkan selamat Natal 2017.

"Kami sampaikan hormat dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, beliau sampaikan selamat Natal," kata Tjahjo di hadapan jemaat Gereja Katedral, Minggu (24/12).

Menurut Tjahjo, pemerintah lewat jajaran TNI dan Polri berkomitmen mengamankan jalannya serangkaian ibadah Natal 2017 di seluruh wilayah Indonesia.

"Pemerintah dalam hal ini Kapolri dengan jajarannya sampai Kapolsek, kemudian Panglima dengan segenap jajarannya sampai Koramil, dengan tegas untuk mengamankan ibadah malam Natal ini," ujarnya.

Politikus PDIP itu berkata, pemerintah ingin memastikan keamanan dan kenyamanan umat Nasrani dalam menjalankan ibadah Natal mengingat semua warga negara mempunyai hak yang sama untuk beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.

"Pemerintah memastikan bahwa setiap umat beragama, agama apapun di NKRI mempunyai hak yang sama untuk beribadah sesuai agama dan keyakinannya," ujar Tjahjo.

"Mohon maaf kalau seolah-olah dijaga ketat, semata-mata untuk memberikan jaminan agar bapak-ibu bisa beribadah dengan khusyuk, tanpa ada gangguan," kata dia menambahkan.

Lihat juga: Panglima TNI dan Kapolri Blusukan Pantau Gereja di Jakarta
Ibadah Natal di Gereja Katedral sempat dihentikan saat Tjahjo dan rombongan yang ditemani Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo memasuki gereja.

"Terima kasih kami telah diberikan kesempatan untuk mengecek langsung supaya bapak ibu sekalian bisa khusyuk tenang," ujarnya.

Di samping itu, Tjahjo berharap dalam Natal tahun ini kasih Tuhan memberikan kedamaian bagi bangsa Indonesia.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Dardani