Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Libur Akhir Tahun, Dishub Lingga Pastikan Kesiapan Tranportasi
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 04-12-2017 | 12:38 WIB
selamat.jpg Honda-Batam
Selamat, Kabid Perhubungan Laut dan Udara di Dishub Lingga. (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga memastikan, kesiapan untuk pelayanan transportasi baik laut, darat dan udara sudah dilakukan menjelang libur panjang akhir tahun ini.

"Untuk transportasi, persiapan sudah kita lakukan. Apalagi jelang Natal dan tahun baru ini," kata Selamat, Kabid Perhubungan Laut dan Udara di Dishub Lingga, Senin (4/12/2017).

Selamat mengatakan, kesiapan itu juga sudah dikondisikan dengan sejumlah operator penyedia jasa transportasi di Lingga dengan menggelar rapat koordinasi beberapa waktu lalu.

"Jadi kami kemarin sudah melakukan rakor dengan operator. Kalau untuk laut dan darat itu tidak ada kendalanya. Tetapi kalau untuk udara, untuk pesawat Susi yang ada di Dabo, itu cuma kekurangan kursi penumpang saja. Karena kapasitasnya sedikit," ungkap Selamat.

Menurutnya untuk lonjakan penumpang jelang libur panjang akhir tahun ini tidak terjadi begitu signifikan. Sebab mengacu pada data tahun sebelumnya untuk penumpang masih bisa diatasi.

Apalagi ditambah saat ini tranportasi laut di Lingga sudah memiliki beberapa pelayan kapal reguler. Seperti Lintas Kepri yang sudah beroperasi aktif.

"Kita prediksi sementara waktu tidak ada kendala. Cuman kita minta dalam rakor kemaren itu kepada operator agar selalu memperhatikan kelengkapan keselamatan penumpang. Sebab cuaca masih dalam pancaroba," terangnya.

Ia memastikan jika di hari H terjadi lonjakan penumpang, pihaknya juga akan segera melakukan penambahan armada untuk mengantisipasinya.

Editor: Gokli