Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ajarkan Pemuda Simalungun Main Sarune

HMSI Sukses Gelar Seminar Adat Bagi Kaum Muda
Oleh : CR-17
Jum\'at | 01-12-2017 | 18:38 WIB
Malam-Marsembul-Sihol.jpg Honda-Batam
Para peserta manortor dalam malam Marsombuh Sihol (Foto: CR-17)

BATAMTODAY.COM, Batam - Himpunan Masyarakat Simalungun Indonesia (HMSI) Provinsi Kepri, sukses menggelar seminar adat dan malam temu kangen, yang bertemakan 'Marsombuh Sihol'.

Digelar di Harmoni One Batam Center, Kamis (30/11/2017), para peserta seminar adat, tampak sangat antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung hingga malam hari itu.

Setelah lelah mengikuti seminar yang berlangsung sejak pagi ini, para peserta seminar beserta tamu undangan juga dihibur dengan penampilan para artis Nasional asal Simalungun. Serta diajarkan bagaimana memainkan Sarune atau Seruling khas dari Simalungun.

"Warga Simalungun bangga dan puas selama sehari full ini, mereka juga bisa bertemu langsung dengan artis yang kita datangkan langsung dari Jakarta, bukan dari Siantar lagi. Selain itu, mereka juga kita duetkan dengan artis lokal sehingga lebih meriah lagi," ujar Ketua Himpunan Masyarakat Simalungun Provinsi Kepri, Sahmadin Sinaga.

Ia juga menjelaskan, untuk kegiatan perdana ini, ada sekitar seribu peserta yang hadir dan merupakan perwakilan dari masing masing marga yang ada di Simalungun.

Sementara itu, mewakili Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Kepri, Tagor Napitupulu, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh HMSI. Walau berlangsung sederhana, ia mengaku dapat merasakan suasana asli di kampung halaman yang sudah lama ia tinggalkan di perantauan.

"Ke depan mungkin bisa dibuat yang lebih bagus lagi, mungkin bisa buat yang versi lebih besar lagi sehingga seolah-olah kita berada di kampung. Kegiatan seperti ini, sangat baik untuk dilaksanakan untuk melestarikan kebudayaan," paparnya.

Editor: Udin