Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tangani Banjir, Dinas BMSDA Kota Batam Tambah 3 Alat Berat
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 01-12-2017 | 14:39 WIB
yumasnur-13.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas BMSDA, Yumasnur. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DMSDA) Batam akan menambah dan mendatangkan tiga alat berat pada 2018 mendatang. Alat berat itu dua unit long arm excavator dan satu unit ekskavator amfibi.

"Pengadaannya kita pakai e-catalogue. Diperkirakan Maret atau April sudah datang alatnya," ujar Kepala Dinas BMSDA, Yumasnur belum lama ini.

Pengadaan alat ini bertujuan menambah kekuatan dalam penanganan banjir. Alat berat ini digunakan untuk proses normalisasi drainase, dan pekerjaan lainnya.

Ekskavator amfibi ini melengkapi kebutuhan alat berat di Pemko Batam. Yumasnur mengatakan Batam butuh minimal dua unit ekskavator amfibi. Tahun 2017 pihaknya sudah membeli satu, dan ditambah satu unit lagi di 2018.

Yumasnur mengatakan penanganan banjir memerlukan waktu yang tidak sebentar. Titik banjir lama sudah ada beberapa yang diatasi. Namun muncul lagi titik-titik baru akibat pembukaan lahan.

"Ada pematangan lahan, terbawa air, sehingga sedimentasi menjadi cepat menumpuk, dan aliran air tak lancar. Selain itu perilaku sebagian masyarakat yang membuang sampah ke aliran air juga menimbulkan banjir," pungkasnya.

Editor: Yudha