Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua MPR Desak Novanto segera Mundur dari Jabatan Ketua DPR
Oleh : Irawan
Selasa | 28-11-2017 | 16:26 WIB
zul_has_mubaligh1.gif Honda-Batam
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mendesak Setya Novanto segera mundur dari jabarannya sebagai Ketua DPR RI. Keputusan mundur Novanto baik untuk menjaga nama baik atau marwah DPR dan Partai Golkar

Hal ini terkait status Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP dan kini tengah mendekam di Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dengan statusnya saat ini, banyak yang melayangkan kritik ketika Novanto bertahan dengan posisinya sebagai pimpinan parlemen.

"Kalau Pak Nov mundur itu baik untuk Pak Novanto, baik untuk DPR baik untuk Golkar. Itu pesan saya," ujar Zulkifli, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Menurut dia, tak akan terjadi kekosongan kepempimpinan jika Novanto mundur karena Golkar bisa langsung menggantinya dengan kader lain.

Hal itu juga dinilai lebih cepat daripada menunggu proses Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Jika diproses MKD, meski MKD memberhentikan Novanto, Golkar belum tentu menerima keputusan tersebut.


"Kalau Golkarnya enggak mengganti gimana? Makanya bagus kalau Pak Novanto mundur," kata dia.

Rapat pleno Golkar, Selasa (21/11/2017), menetapkan Idrus Marham sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum Golkar setelah Setya Novanto ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Meski berstatus tahanan KPK, Golkar tetap mempertahankan Novanto sebagai ketua umum dan ketua DPR menunggu hasil praperadilan yang diajukan Novanto. Setelah itu akan digelar Munaslub untuk memilih ketua umum Partai Golkar yang baru.

Editor: Surya