Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kenalkan Budaya ke Masyarakat, Pemkab Lingga Gelar Pawai Budaya Tamadun
Oleh : Bayu Yiyandi
Jumat | 24-11-2017 | 18:25 WIB
pawau-di-Lingga.jpg Honda-Batam
Pemkab Lingga menggelar pawai budaya dalam rangka hari jadi ke-14 dan sekaligus memeriahkan perhelatan Tamadun Melayu Antarbangsa (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pemerintah Kabupaten Lingga pada Jum'at (24/11/2017) sore menggelar pawai budaya dalam rangka hari jadi ke-14 dan sekaligus memeriahkan perhelatan Tamadun Melayu Antarbangsa.

Pawai tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati Lingga dan dilepas secara resmi oleh wakil Bupati Lingga, M Nizar.

Dari pantauan di lapangan, pawai ini diikuti 10 kecamatan yang ada di Lingga. Kemudian sejumlah OPD Pemkab Lingga, para siswa SMA, SMP dan SD sederajat yang ada di wilayah ibukota.

Meski cuaca terlihat mendung disertai hujan gerimis yang turun, pawai ini tetap berlangsung meriah dengan menampilkan keberagaman adat istiadat, tradisi dan budaya setempat dari masing-masing peserta pawai.

Bahkan terlihat juga salah satu peserta pawai menjunjung tinggi foto Pahlawan Bunda Tanah Melayu yang baru saja dinobatkan Presiden RI menjadi Pahlawan Nasional, yakni Sultan Mahmud Riayat Syah III.

"Tujuan kita mengadakan pawai Budaya ini ialah bagaimana kita mengenalkan kembali kepada anak-anak khususnya yang saat ini mungkin tidak tahu tentang budaya yang dimiliki Lingga ini. Seperti adat istiadat, tradisi dan segala macamnya," kata Wabup Lingga, M Nizar usai pawai tersebut ketika ditemui

Ia berharap dengan terselenggaranya pawai ini, masyarakat bisa mengenal lebih jauh tentang tradisi dan sejumlah Kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Lingga.

"Saya berharap ya masyakarat bisa tahu tentang budaya yang kita punya. Seperti di daerah Senayang yang tadi ditampilkan oleh pihak kecamatannya dalam pawai cukup lengkap, mulai dari Kelong apa semua. Ini kan otomatis menjadi edukasi bagi masyarakat. Kemudian ada juga yang menjunjung pahlawan Nasional kita," tutup Nizar.

Pawai budaya Tamadun Melayu yang diselenggarakan Pemkab Lingga ini mengambil rute start dari halaman kantor Bupati Lingga dan finis di Jalan Mesjid Darul Hikmah, Sawah Indah, Daik Lingga. Masyarakat yang menyaksikan pawai tersebut cukup antusias dengan melihat beberapa atraksi dari peserta pawai.

Editor: Udin