Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

China Siap Bekerja Sama dengan Negara Asia Tenggara Jaga Perdamaian di Laut China Selatan
Oleh : Redaksi
Minggu | 12-11-2017 | 09:00 WIB
laut_china_selatan1.jpg Honda-Batam
Laut China Selatan

BATAMTODAY.COM, Da Nang - Pemerintah China akan bekerja sama dengan negara-negara Asia Tenggara untuk menjaga perdamaian di Laut China Selatan (LCS). China berjanji untuk menangani masalah terkait LCS dengan Beijing secara bilateral.

Hal itu diungkapkan Presiden China, Xi Jinping dalam pertemuan dengan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Keduanya bertemu di sela pertemuan puncak Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di kota resor Da Nang, Vietnam.

"China akan terus bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran wilayah Laut China Selatan," ujar Jinping, seperti yang disampaikan kantor berita resmi China, Xinhua dan dilansir oleh reuters, Minggu (12/11/2017).

China mengklaim hampir seluruh jalur strategis melalui wilayah perairannya dan di sana ada perputaran uang sebesar USD 3 triliun dari komoditas dagang setiap tahun. Selain itu China juga tengah membangun pulau-pulau buatan.

Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga memiliki klaim yang bertentangan di sana. Duterte mengatakan akan berkomunikasi secara bilateral. Dia menganggap dengan komunikasi tersebut, permasalahan LCS dapat segara teratasi.

"Bekerja melalui saluran bilateral untuk menangani masalah-masalah maritim dengan tepat," kata Duterte secara terpisah

Editor: Surya