Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Lancangkuning Bintan Enggan Tempati Rumah Program RTLH
Oleh : Harjo
Jum\'at | 10-11-2017 | 15:50 WIB
Rumah-RTLH-Bintan1.gif Honda-Batam
Salah satu rumah bantuan dari program RTLH di Desa Lancangkuning yang belum ditempati. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Penerima bantuan rumah program RTLH tahun 2017 di Desa Lancangkungin, Kecamatan Bintan Utara enggan menempati rumah yang sudah selesai dikerjakan tersebut.

Kepala desa Lancangkuning, Kholili Bunyani membenarkan sebanyak lima rumah yang dibangun dari program RTLH sampai saat ini belum di tempati oleh pemiliknya. Karena kondisi rumah tersebut belum dilantai atau belum sepenuhnya selesai.

"Penerima bantuan rumah dari program RTLH belum mau menempati rumah karena lantainya belum selesai. Belum dilantainya rumah, karena terkait masalah biaya. Karena rumah yang seharusnya direhab justru dibangun dari awal," ungkap Kholili, Jumat (10/11/2017).

Terkait hal tersebut, kata Kholili, pihak desa bersama masyarakat setempat akan segera melakukan gotongroyong, agar rumah program RTLH tersebut bisa segera ditempati oleh pemiliknya.

Sementara, Tokoh Masyarakat Bintan Sahat Simanjuntak menyayangkan belum ditempatinya rumah bantuan dari program RTLH tersebut. Pasalnya kalau rumah tersebut tidak segera ditempati dikhawatirkan terbengkalai dan tidak terurus.

"Kalau alasan karena belum sepenuhnya siap hingga belum di tempati, jelas hal tersebut sangat disayangkan. Kalau hanya dibiarkan, jelas akan cepat rusak karena tidak terurus," ujar Sahat.

Ia menambahkan, harapannya kedepan agar pihak terkait terlebih dauhulu melakukan kajian sehingga benar-benar tepat sasaran dan memberikan manfaat bagi penerima bantuan. "Jangan sampai pekerjaan dianggap selesai, namun tidak bisa dinikmati oleh penerima bantuan," pungkasnya.

Editor: Yudha