Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bangkitkan Keterpurukan Ekonomi

Forum Pimred Kepri Dorong Gubernur Manfaatkan Potensi Maritim
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 10-11-2017 | 17:26 WIB
Nurdin-salami-Luhut-BP1.gif Honda-Batam
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat bertemu dengan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan di pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, di Solo (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mencermati keterpurukan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau saat ini, yang menyentuh angka pertumbuhan 1 persen dan peringkat terakhir dari 34 provinsi di Indonesia, membuat semua pihak prihatin. Termasuk, Forum Pimred (Pimpinan Redaksi) Kepri.

Keprihatinan itulah yang memunculkan gagasan forum ini untuk mendorong Pemerintah Provinsi Kepri segera bergerak. Di antara gagasan yang ingin disampaikan Forum Pimred Kepri, yakni menggali dan memanfaatkan potensi maritim di provinsi kepulauan ini untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Kepri.

"Kita ingin mendorong agar Pemerintah Provinsi Kepri segera bermanuver dengan langkah kongkrit untuk menggerakkan perekonomian yang merosot tajam ini," ujar Ketua Forum Pimred Kepri, Andi, kepada BATAMTODAY.COM, Jum'at (10/11/2017).

Apalagi, lanjut Andi yang juga Pemred Haluan Kepri itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun seusai bertemu dengan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan saat menghadiri pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, di Solo Jawa Tengah Rabu (8/11/2017) lalu, berkomitmen untuk memaksimalkan potensi sektor maritim Kepri.

"Apapun aktvitas ekonomi, harus ada kontribusi buat Kepri. Buat pengembangan pembangunan dan mendorong pergerakan ekonomi masyarakat," kata Nurdin.

Soal sektor maritim, Menko Luhut memang memberi perhatian khusus untuk Kepri. Dalam berbagai kesempatan, dia selalu menegaskan agar pemerintah daerah jangan jadi penonton terhadap kegiatan ekonomi di laut Kepri. Karena itu, Nurdin mengajak semua bersatu dan bersama-sama membuat kebijakan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Forum Pimred Kepri, Saibansah Dardani, menambahkan, di antara potensi besar kamaritiman yang dimiliki Provinsi Kepri adalah pasir laut. Potensi pasir laut di wilayah Kepri dapat dengan segera membangkitkan ekonomi Pemprov Kepri bahkan secara nasional.

"Apalagi, dalam kunjungan Presiden Jokowi bersama dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ke Singapura beberapa bulan lalu, telah disepakati untuk menarik wisatawan kapal pesiar dari Singapura ke Indonesia, sudah pasti kapal pesiar itu perlu alur yang dalam," papar Saibansah yang bulan lalu diundang pemerinta Singapura itu.

Dan pada hari pahlawan tahun 2017 ini, tambah Saibansah, Provinsi Kepri telah mendapat hadiah dari Presiden Jokowi berupa penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk Sultan Mahmud Riayat Syah, diharapkan menjadi motivasi dan pendorong semangat masyarakat Kepri untuk lebih maju, dan menjadikan Kepri berjaya kembali.

Caranya, dengan memacu semangat untuk menggali dan mengembangkan potensi bahari Kepulauan Riau untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Editor: Yudha