Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PWI-Polda Kepri Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 09-11-2017 | 17:26 WIB
kapolda_kepri_dan_pwi_kepri.jpg Honda-Batam
Kapolda Kepri Irjen Sam Budi Gusdian saat menerima pengurus PWI Kepri didampingi Kabid Humas Polda Kepri Erlangga. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Kepolisian Daerah (Polda) Kepri mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-9 di Kepri. UKW kali ini digelar Batam selama dua hari, Sabtu-Minggu (25-26 November) mendatang.

Kegiatan ini merupakan bukti nyata keseriusan Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian untuk meningkatkan kompetensi wartawan di Provinsi Kepri dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

"UKW ini untuk mendorong wartawan di Kepri agar kompeten," ujar Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian saat menerima para pengurus PWI Kepri di ruang kerjanya, belum lama ini.

Selama menjabat sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat, Irjen Sam Budigusdian memang telah membangun hubungan baik dengan kalangan wartawan. Termasuk, saat bertugas di Surabaya Jawa Timur, jenderal bintang dua itu telah berhubungan baik dengan pers, salah satunya Jawa Pos. "Di Surabaya dulu saya baik dengan Jawa Pos," ujarnya.

Kegiatan UKW kali ini agak berbeda, karena dirangkai dengan 'Sosisalisasi MoU antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan Ketua Dewan Pers Josep Adi Prasetyo' dan dilanjutkan dengan penandatanganan PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara Polda Kepri dengan PWI Kepri.

Ketua PWI Kepri, Ramon Damora, mengungkapkan, UKW PWI Kepri ke-9 ini akan diikuti 35 orang peserta dari berbagai media di Batam, Tanjungpinang dan Karimun. Mereka akan terbagi dalam tiga kelompok wartawan, yaitu tingkat utama, tingkat madya, dan tingkat muda.

Peserta uji tingkat utama adalah wartawan yang duduk sebagai pemimpin redaksi atau redaktur pelaksana. Sedangkan peserta uji tingkat madya adalah redaktur dan tingkat muda adalah wartawan atau reporter.

"Untuk tingkat utama itu adalah pemimpin redaksi atau redaktur pelaksana, dan telah bekerja lebih dari sepuluh tahun berturut-turut, tidak pernah jeda," ujar Ramon Damora.

Saat ini, lanjut Ramon, kuota 35 orang peserta uji sudah penuh, tinggal proses administrasi saja. "Semua peserta UKW harus mendapat izin dari pemimpin redaksi, mengisi formulir dan menyerahkan foto copy kartu pers serta pas foto," tutup Ketua PWI Kepri ini.

Editor: Dardani