Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Stroke, Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan
Oleh : Redaksi/Mg
Sabtu | 03-12-2011 | 10:54 WIB
stroke.jpg honda-batam

Pasien terserang stroke. Foto:Ilustrasi

STOCKHOLM, batamtoday - Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, bahwa makanan yang mengandung antioksidan dapat mengurangi resiko terserang stroke. Zat antioksidan diketahui dapat mengindarkan manusia dari stres oksidatif.

Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Karolinska Institute di Swedia itu lansung mendapat sambutan media Dunia. Journal of American Heart Association juga mengapresiasi hasil penelitian tersebut.

"Kami meneliti sejunlah wanita di Swedia, umumnya mereka mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Hasilnya mereka terhindar dari stroke, terlepas apakah sebagian dari mereka terjangkit penyakit kardiovaskular," Kata Susanne Rautiainen Ph.D.

Menurutnya, antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif yakni ketidakseimbangan antara produksi sel-radikal bebas yang merusak dan kemampuan tubuh untuk menetralisirnya. Ini menyebabkan kerusakan peradangan, pembuluh darah dan kaku. 

"Antioksidan seperti vitamin C dan E, karotenoid dan flavonoid dapat menghambat stres oksidatif dan peradangan dengan scavenging radikal bebas. Antioksidan, khususnya flavonoid, juga dapat membantu meningkatkan fungsi endotel dan mengurangi pembekuan darah, tekanan darah dan peradangan," katanya menjelaskan.