Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Media di Kepri Dinyatakan Lulus Verifikasi Dewan Pers
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 01-11-2017 | 15:14 WIB
empat-media1.jpg Honda-Batam
Pimpinan empat median di Kepri yang dinyatakan lulus verifikasi Dewan Pers foto bersama Ketua Umum SPS yang Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Dahlan Iskan. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Surabaya - Empat media di Kepri dinyatakan lulus verifikat administrasi dan faktual oleh Dewan Pers. Keempat media yang dinyatakan lulus verifikasi, Batam Pos, Tribun Batam, BATAMTODAY.COM, dan Batamnews.co.id, dan sejumlah media lainnya akan menerima sertifikat, yang diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pers Josep Adi Prasetyo di Hotel Haris Surabaya, Rabu (1/11/2017) malam.

Sertifikat lulus verifikasi itu akan diterima langsung oleh Pemimpin Redaksi (Pemred) Batam Pos, Muhammad Iqbal, Penanggung Jawab Tribun Batam Richard Nainggolan, Pemred BATAMTODAY.COM Saibansah Dardani dan Pemred Batamnews.co.id Muhammad Zuhri.

"Verifikasi ini merupakan satu bukti pengakuan yang resmi Tribun Batam sebagai media yang dipercaya dan diakui," ujar Penanggung Jawab Tribun Batam, Richard Nainggolan di Surabaya, Rabu (1/11/2017).

Diharapkan, lanjut Richard yang biasa disapa Opung itu, sertifat Dewan Pers ini dapat mengembalikan citra perusahaan pers yang bertanggung jawab dan dipercaya publik. "Termasuk para pemasang iklan dalam mengambil keputusan menggunakan media massa," tegasnya.

Selain itu, Richard juga mengucapkan terimakasih kepada Tim Verifikasi Kepri dan Dewan Pers yang telah melakukan verifikasi administrasi dan faktual dari sisi legalitas perusahaan media massa, administrasi, operasional hingga produk yang dihasilkan.

Pemred BATAMTODAY.COM, Saibansah Dardani menambahkan, sebagai media online berita pertama di Kepri, pengakuan dari Dewan Pers yang telah menyatakan BATAMTODAY.COM lulus verifikasi administrasi dan faktual adalah satu penghargaan yang sangat berarti.

"Karena konsistensi kami untuk tetap menjaga kredibitas, kepercayaan masyarakat hingga akuratsi yang menjadi standar berita kami, akhirnya diakui oleh pemerintah, dalam hal ini Dewan Pers," tutur Saibansah.

Bagi teman-teman BATAMTODAY.COM, lanjut Saibansah, sertifikat Dewan Pers ini adalah kado terindah di ulang tahun ke-12, yang jatuh pada November 2017 ini.

Bagi Pemred Batam Pos, Muhammad Iqbal, vrifikasi media oleh Dewan Pers ini bisa meningkatkan lagi kepercayaan publik atau pembaca terhadap informasi yang disajikan oleh media, yang dalam beberapa tahun belakangan terkotori oleh berita-berita hoax yang diproduksi oleh perusahaan pers yang tidak jelas juntrungannya.

"Dengan terbitnya hasil verifikasi Dewan Pers ini, publik dapat dengan mudah memilih atau menentukan media maba yg informasinya dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Hasil verifikasi ini juga bisa sebagai rujukan oleh institusi pemerintah dan swasta dalam memilih media untuk menjalin kerja sama," tutur Muhammad Iqbal.

Sementara Pemred Batamnews.co.id, Muhammad Zuhri mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan lulusnya Batamnews.co.id sbg media terverifikasi secara faktual. Artinya tentu saja Batamnews.co.id dinilai layak menjadi media profesional dan bertanggungjawab secara moral terhadap pembaca.

"Tentu saja ini bukan sebuah kegembiraan semata tapi beban berat untuk menjadi media profesional, menyajikan berita yang kredibel dan independen.

Dan sertifikat ini tentunya hasil kerja keras tim atau kru Batamnews yang telah bekerja keras menjadi sebuah tim yg solid. Kami jg berterima kasih kepada tim verifikator yang telah memperlancar dan membantu dalam hal verifikasi," papar Muhammad Zuhri.

Editor: Gokli