Pemko Batam Jemput Blanko e-KTP ke Kemendagri
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 25-09-2017 | 09:50 WIB
Wawako-Batam-Amsakar2.gif
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pernyataan Mendagri soal ketersedian blanko e-KTP di pusat direspon cepat oleh Pemerintah Kota Batam. Saat ini, Disdukcapil Batam Diperintahkan untuk melakukan jempot bola, agar masyarakat Batam bisa mendapatkan e-KTP.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Amsakar Achmad, di mana dengan adanya informasi ketersedian blanko e-KTP di pusat, pihaknya langsung merespon dalam menjawab kebutuhan masyarakat.

"Pokoknya kita jemput bola. Ini sangat membantu," ujar Amsakar, Minggu (24/9/2017).

Amsakar mengaku belum mengetahui berapa banyak tambahan blanko yang akan didapat Batam. Namun, ia berharap tambahan blanko itu ada karena pertumbuhan penduduk Batam sangat pesat.

"Kita lihat saja nanti berapa banyak dapatnya. Sekarang prosesnya masi di Kementerian," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batam, Said Khaidar, mengakui akan mengirimkan satu orang perwakilan dari Pemko Batam dalam melakukan jemput bola blanko e-KTP ke Kemendagri.

"Rencana Pak Teddy (Kebid) yang akan jemput bola. Tetapi kami masih kordinasi dengan pusat," ujarnya.

Ia menyebutkan, ada sekitar 58 ribu daftar tunggu pencetakan e-KTP untuk saat ini. Jumlah itu, kata Said terus meningkat hingga bulan September. Begitu juga hal permintaan surat keterangan pengganti sementara bagi pemohon yang belum memiliki kartu fisiknya.

"Itu dari Januari lalu, waktu lalu sekitar 45 ribu lebih sekarang sudah bertambah," katanya.

Pihaknya juga sudah mengajukan 70 ribu keping blangko e-KTP ke Pusat. Namun, berapapun yang didapat akan tetap diterima dan dimaksimalkan pembagiannya per Kecamatan.

"Jika pusat memberikan setengah dari jumlah yang kita ajukan, kita tetap terima," pungkasnya.

Editor: Gokli