Klaim Kantongi Izin dari Bina Marga, Jembatan di Cemara Asri Kembali Dibangun
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 12-09-2017 | 15:02 WIB
spanduk-larangan11.gif
Spanduk larangan melanjutkan pembangunan jembatan di Cemara Asri Sagulung. (Foto: Yos)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan jembatan yang mempersempit saluran drainase di depan Perumahan Cemara Asri di pinggir jalan R Suparapto, Sagulung kembali berjalan dan sudah hampir rampung.

 

Padahal sebelumnya sudah dihentikan oleh tim gabungan dari Kecamatan Sagulung dan Dinas Bina Marga Kota Batam karena mempersempit saluran drainase utama. Namun pihak perumahan Cemara Asri yang membangun jembatan tersebut menglaim telah mengantogi izin dari Dinas Bina Marga Kota Batam atas pembangunan jembatan tersebut.

"Semua izinnya sudah lengkap dari Dina Bina Marga.Tak ada masalah lagi," ujar Kris dari perusahaan Cemara Asri.

Sementara Camat Sagulung Reza Khadafy yang dikonfrirmasi terpisah mengaku belum pernah melihat izin pembangunan jembatan yang dinilai menyalahi aturan karena mempersempit alur drainase. Sehingga pihaknya akan mengecek kembali perizinan yang diklaim dimiliki oleh pihak perumahan Cemara Asri itu.

"Mereka boleh saja mengakui mempunyai izin. Nanti kami akan tanya ke Bina Marga. Sebab Bina Marga pasti akan mengkaji prosedur jembatan itu agar tak menyalahi aturan. Kalau memang tak ada izin jembatan itu harus dibongkar lagi," ujar Reza.

Meskipun belum mengetahui apakah perizinan jembatan itu memiliki izin atau tidak. Namun, menurut Reza, seharusnya jembatan itu tidak perlu dibangun karena di lokasi itu sudah ada jembatan lain yang jaraknya berdekatan.

"Sudah ada tiga jembatan disekitar lokasi, sekarang dibangun lagi. Seharusnya pihak perumahan memperhatikan juga dampak lingkungan," ujar Reza lagi.

Pantauan di lapangan, pembangunan jembatan itu sudah berjalan sekitar 75 persen. Tiang fondasi beton jembatan dibangun di dalam alur drainase yang semula lebarnya enam meter kini tinggal empat meter saja . Batu miring di sisi kiri kanan jembatan telah dibongkar dan dimajukan ke bagian dalam drainase untuk fondasi jembatan.

Editor: Yudha