Peringatan Hari Jadi TNI AL ke-72

Danlanal Batam Ingatkan Prajurit Tetap Komit Bersama Rakyat
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 12-09-2017 | 10:02 WIB
Lanal-Batam1.gif
Upacara memperingati Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut tahun 2017 di Lapangan Apel Mako Lanal Batam, Tanjung Sengkuang, Kota Batam, Senin (11/09/2017). (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, memimpin upacara memperingati Hari Jadi ke-72 TNI Angkatan Laut tahun 2017, yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lanal Batam, Tanjung Sengkuang, Kota Batam, Senin (11/09/2017).

Puncak peringatan hari Jadi TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2017, adalah dengan dilaksanakannya Upacara Peringatan di Mako Lanal Batam, dengan melibatkan seluruh prajurit Lanal Batam diantaranya deputasi Perwira Staf Lanal Batam, Peleton Pama, Bintara dan Tamtama serta Saka Bahari binaan Lanal Batam dan SMK Maritim Batam.

Dalam amanat Kasal yang dibacakan Komandan Lanal Batam, bahwa sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara, yang sadar akan jati dirinya sebagai Tentara Nasional yang terlahir dari rakyat, TNI AL senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama-sama dengan rakyat.

"Kita juga harus terus berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalannya pembangunan nasional. Karena itu, sangat tepat pada peringatan Hari Jadi tahun ini tema yang diambil adalah 'Bersama Rakyat, TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian," ungkap Ivong, melalui rilisnya.

Pada kesempatan tersebut dibacakan pula amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut, antara lain berisi beberapa penekanan sebagai pengantar tugas untuk dipedomani bersama.

"Tingkatkan kualitas diri sebagai prajurit TNI AL yang bermoral, profesional dan berani serta pedomani dan hormati hukum, nilai-nilai demokrasi serta hak asasi manusia dalam setiap pelaksanaan tugas," lanjut Ivong.

Kemudian, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab disertai kerelaan berkorban demi terjaganya keselamatan serta keutuhan bangsa dan negara.

"Pelihara segenap alutsista persenjataan dan peralatan yang dipercayakan negara dengan sebaik-baiknya, agar dapat mendukung keberhasilan setiap pelaksanaan tugas secara optimal," tambahnya.

"Mantapkan kekompakan antar komponen TNI, agar dapat terjalin koordinasi dan kerjasama yang harmonis antara TNI AL dengan satuan-satuan TNI lainnya, sebagai refleksi dari tampilan TNI yang kokoh dan solid serta mantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat," jelasnya.

Ia juga meminta, agar prajurit meningkatkan kewaspadaan dan antisipatif terhadap perkembangan situasi yang cepat berubah, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang merugikan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Editor: Gokli