Api yang Melalap Puluhan Kios Liar Saguba Diduga Berasal dari Lilin
Oleh : Yosri Nofriadi
Jumat | 08-09-2017 | 19:14 WIB
petugas-damkar-matikan-api.gif
Petugas damkar mematikan api yang membakar puluhan kios liar di Saguba (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan kios liar di Kampung Baru Saguba, tepatnya di pinggir jalan menuju Kelurahan Sei Binti, Kecamatan Sagulung, ludes dilalap si jago merah, Jumat (8/9/2017) sekitar pukul 18.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun para pemilik kios menderita kerugian yang lumayan banyak.

Api diduga berasal dari lilin, sebab saat terjadi kebakaran listrik di lokasi tersebut dalam keadaan padam. Sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Api baru bisa dipadamkan setelah 30 menit tim pemadam kebakaran melakukan penyiraman.

Informasi yang diperoleh, kebakaran tersebut berawal dari salah satu kios yang dijadikan bengkel motor. Warga mengetahui adanya kebakaran setelah api membesar. "Saya dapat informasi dari warga yang merupakan salah satu pemilik kios. Pas saya datang api juga sudah membesar," ujar Ayu, Ketua RT di lokasi.

Setelah mendapat informasi kebakaran tersebut, pihaknya pun langsung menghubungi pemadam kebakaran dan juga petugas Kepolisian. "Warga tidak bisa memadamkan api karena sudah membesar. Pemadam kebakaran datangnya agak lambat, sekitar 15 menit setelah kejadian," ujarnya lagi.

Berdasarkan keterangan warga, kata Ayu, api diduga berasal dari bangunan bengkel motor. Tak ada barang-barang yang bisa diselamatkan dari peristiwa tersebut. "Kios ini ada yang membuka usaha bengkel, warung makan dan usaha lainnya. Tidak ada pemilik kios yang dapat menyelamatkan barang dagangannya," ujarnya lagi.

Kapolsek Sagulung AKP Hendrianto mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut. Pihaknya akan melakukan penyelidikan terlebih dulu.

Belum bisa dipastikan penyebabnya apa. Yang jelas informasi yang kami terima, api berasal dari bengkel motor itu," ujar Hendrianto.

Editor: Udin